Sukses

Kata Selfie & Hashtag Masuk Kamus Bahasa Terpopuler di AS

Pada kamus bahasa terpopuler di Amerika Serikat itu kini ditemukan tiga kata baru dari istilah teknologi yaitu selfie, hashtag, dan tweep.

Liputan6.com, Jakarta - Versi terbaru dari kamus bahasa Inggris Merriam–Webster memuat sejumlah istilah yang muncul dari ranah dunia teknologi. Pada kamus bahasa terpopuler di Amerika Serikat itu kini ditemukan tiga kata baru dari istilah teknologi yaitu selfie, hashtag, dan tweep.

"Begitu banyak kata yang hadir dari dampak konektivitas online yang kini digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat luas. Tweep , Selfie , dan hashtag mengacu pada cara kita berkomunikasi sebagai individu," papar Peter Sokolowski, salah seorang editor kamus Merriam-Webster seperti yang dilansir laman Cnet, Sabtu (24/5/2014).

Selain ketiga kata baru tersebut, sebelumnya kamus Merriam-Webster juga telah lebih dulu memasukkan sejumlah istilah dari ranah dunia teknologi seperti crowdfunding, big data, gamification, dan steampunk.

"Kata-kata seperti crowdfunding, gamification , dan big data menunjukkan bahwa Internet telah mampu memberi dampak mendalam pada dunia bisnis," lanjut Sokolowski.

Beberapa waktu lalu kamus Oxford English Dictionary (OED) edisi terbaru yang diluncurkan pada akhir 2013 kemarin juga telah menyertakan sejumlah istilah teknologi yang dinilai berpengaruh di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa istilah teknologi yang ada dalam kamus Oxford English Dictionary adalah; tweet, retweet, big data, mouseover, e-reader, sexting, dan juga cyberbullying.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini