Sukses

Keren! Robot Juga Bisa Punya Selera Humor

Hitachi membekalinya dengan program komputasi yang mampu mengidentifikasi kata kunci dalam kalimat yang disampaikan manusia.

Liputan6.com, Tokyo - Perkembangan teknologi yang ada membuat para peneliti untuk dapat terus bereksplorasi di bidang robotik. Saking canggihnya, tak sedikit peneliti yang sukses menciptkan robot dengan berbekal kemampuan layaknya manusia. Robot bisa berjalan, meniru ekspresi wajah, bahkan berkeringat layaknya manusia.

Namun baru-baru ini produsen elektronik asal Jepang, Hitachi, menemukan terobosan terbaru di ranah robotik. Hitachi dilaporkan berhasil menciptakan sebuah robot yang memiliki rasa humor seperti manusia.

Meski hanya sebatas kalimat-kalimat singkat, robot yang diberi julukan EMIEW2 itu bisa berkomunikasi dengan manusia. Hitachi membekalinya dengan program komputasi yang mampu mengidentifikasi kata kunci dalam kalimat yang disampaikan manusia. Dengan begitu, EMIEW2 bisa memberi jawaban yang sesuai, bahkan melemparkan sebuah lelucon.




Pada sebuah pameran yang berlangsung di fasilitas Hitachi di Tokyo, seorang pengunjung bertanya pada EMIEW2, "berapa jumlah pekerja di lokasi ini?"

EMIEW2 pun menjawab, "kami memperkerjakan dua ekor angsa di sini." Setelah berapa lama terdiam dan pengunjung pun kebingungan, EMIEW2 kembali berkata, "saya hanya bercanda. Ada 800 orang yang bekerja di sini." Para pengunjung pun tertawa mendengar jawaban dan gestur yang ditunjukkan oleh EMIEW2.

Kendati demonstrasi awal sudah cukup memuaskan, namun Hisashi Ikeda selaku salah satu ilmuwan dari Hitachi menyebutkan bahwa kemampuan EMIEW2 dalam membuat sebuah lelucon belumlah sempurna. Robot setinggi 80 cm itu diyakini mampu dikembangkan dengan lebih baik lagi.

"Teknologi yang ada memungkinkan robot untuk memahami berbagai sarana komunikasi manusia, bahkan yang hanya berupa gerakan tubuh," tutur Ikeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini