Sukses

Google Pamer Mobil Pintar Tanpa Kemudi dan Pedal Rem

Google mendemontrasikan mobil dua kursi yang tidak memiliki kemudi, akselerator, dan pedal rem.

Liputan6.com, Google telah cukup lama mengembangkan mobil pintar atau mobil yang bisa mengemudi sendiri tanpa supir (self-driving). Kali ini mereka mendemontrasikan mobil dua kursi yang tidak memiliki kemudi, akselerator, dan pedal rem.

Mobil yang masih berupa prototipe itu diresmikan oleh CEO Google Sergey Brin di Palos Verdes, California, Amerika Serikat. Berbeda dengan mobil kebanyakan yang bergantung pada kemudi, mobil besutan Google ini dikendalikan melalui sensor dan sistem perangkat lunak.

"Kami telah mendalami dan mengamati berbagai aspek, akan seperti apa bentuk dari mobil self-driving," ujar Brin pada konferensi Recode Code Conference, seperti dikutip dari laman Cnet, Rabu (28/5/2014).

Ia menuturkan, tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menciptakan mobil tanpa kemudi yang secara signifikan lebih aman ketimbang mobil yang dikendalikan oleh manusia.

"Selama pengujian, mobil ini sering menabrak sesuatu, tetapi hanya berjalan pada kecepatan sekitar 25 mil per jam sehingga mobil memiliki banyak waktu untuk menghindari rintangan," tambah Brin.

Mobil tanpa kemudi ini diketahui sebagai sebuah proyek ambisius yang diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia di belakang kemudi. Mobil berteknologi robot tersebut telah diuji lebih dari 700.000 jam sejak dioperasikan pada tahun 2009.

Demonstrasi yang dilakukan pada awal bulan ini oleh tim Self-Driving Car Project Google menunjukkan bagaimana kendaraan tergantung pada peta topografi  besutan Google.

Peta tersebut diklaim mampu membaca tingkat kemacetan di jalan raya, tanda berhenti dan penyeberangan, mendeteksi trotoar, lebar jalur, serta dapat membedakan marka jalan berwarna putih dan kuning.

Google berharap pihaknya dapat meluncurkan mobil ini secara luas kepada masyarakat antara tahun 2017 dan 2020. Namun Google tidak sendirian, pabrikan otomotif kenamaan seperti Nissan, General Motors, dan Continental dikabarkan akan meluncurkan mobil sejenis pada tahun 2020 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.