Sukses

Keseringan Pakai Ponsel Bisa Bikin Anda Cepat Tua

Jika sebagian besar waktu Anda dipakai untuk berkutat melihat gadget, kemungkinan besar Anda bisa cepat tua.

Liputan6.com, Apakah Anda tak pernah bisa lepas dari ponsel atau tablet? Hati-hatilah dengan penuaan kulit. Jika sebagian besar waktu Anda dipakai untuk berkutat melihat gadget, kemungkinan besar Anda bisa cepat tua.

Ini bukan soal radiasi yang dihasilkan ponsel, namun tentang postur tubuh yang mempengaruhi pengguna gadget. Dr Kiran Lohia, Medical Director of Lumiere Dermatology, New Delhi, menjelaskannya seperti dilansir Authint Mail.

"Pada dasarnya, dengan adanya smartphone, orang akan menjaga kepala mereka menunduk dan maju selama berjam-jam untuk melihat ponsel dan tablet. Ini menyebabkan otot leher memendek sehingga meningkatkan tarikan gravitasi pada kulit. Akhirnya ini menyebabkan kulit kendur, garis-garis vertikal dari bibir ke dagu, dan rahang yang longgar," kata Dr Lohia.

Seorang dokter lain mengatakan kepada majalah Elle bahwa "Keseringan menggunakan smartphone, tablet dan laptop dapat membawa tanda-tanda awal penuaan seperti garis-garis terukir di wajah, keriput, dan kulit longgar dalam diri seseorang".

Dia menyebut istilah ini dengan 'leher teknologi', seperti yang terjadi ketika orang-orang menunduk melihat laptop atau ponsel terlalu sering sehingga leher jadi terlihat jauh lebih tua.

Selain mempengaruhi postur tubuh, penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan ponsel dalam jangka panjang dapat menyebabkan alergi kulit. Ponsel yang memiliki nikel dan kobalt dapat menyebabkan gejala 'dermatitis ponsel'. Bahan tersebut dapat bereaksi dengan kulit dan menyebabkan ruam yang gatal.

Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan cover ponsel, atau berbicara dengan mode hands-free dan menjaga agar kulit tidak bersentuhan dengan ponsel terlalu lama.

Agar postur tubuh tidak terganggu saat menggunakan ponsel, sebaiknya perbaiki postur tubuh Anda saat menggunakan ponsel.

"Jangan terus menerus menundukkan kepala. Sebaliknya, pegang ponsel atau tablet Anda sejajar dagu. Cobalah menjauhkan diri dari ponsel Anda dalam beberapa waktu sehingga leher Anda istirahat," kata Dr Kiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.