Sukses

Pesawat Bisa Terbang Tanpa Bahan Bakar

Tanpa menggunakan bahan bakar setetes pun, pesawat asal Swiss ini berhasil diterbangkan selama lebih dari dua jam.

Liputan6.com, Swiss - Tanpa menggunakan bahan bakar setetes pun, pesawat tenaga matahari asal Swiss berhasil diterbangkan selama lebih dari dua jam setelah lepas landas dari lapangan udara Payerne di Swiss.

Pesawat yang dinamai Solar Impulse 2 itu dijadwalkan akan mengelilingi dunia pada tahun 2015. Dikutip dari laman Mirror, Kamis (5/6/2014), pesawat dengan lebar sayap sekitar 69 meter itu sukses mengudara untuk pertama kalinya selama 2 jam 17 menit.

Di sepanjang sayapnya tertanam 17.200 panel surya untuk menyimpan energi dari terpaan sinar matahari. Dilengkapi pula dengan bodi ringan yang terbuat dari serat karbon. Bobot yang ringan diklaim dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

Bertrand Piccard selaku co-creator Jubilant, yang merancang pesawat ini mengucapkan selamat kepada sang pilot asal Jerman, Markus Scherdel saat ia mendarat di Payerne.

Atas keberhasilannya itu tim insinyur Swiss dan mitra bisnisnya, Andrew Borschberg, berharap Solar Impulse 2 dapat mengelilingi dunia dengan mulus.

Sebelumnya, pesawat bertenaga surya buatan Swiss berhasil melakukan penerbangan antar benua dengan rute Swiss ke Moroko, dengan waktu tempuh sekitar 48 jam.

Penerbangan pertama dipiloti oleh Andre Borschberg, sementara penerbangan kedua oleh pilot Bertrand Piccard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.