Sukses

Ini Rahasia Kenapa Game Mobile Bikin Ketagihan

Salah satu kunci keberhasilan sebuah game mobile adalah 'ketidaksempurnaan'.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit judul game mobile yang berhasil merengkuh kesuksesan dalam waktu singkat. Beberapa judul populer seperti Angry Birds, Candy Crush Saga, atau bahkan Flappy Bird patut diakui merupakan produk game yang diidolakan dan berhasil membius banyak pengguna.

Salah satu ciri khas game mobile populer adalah sifatnya yang kerap membuat pemainnya ketagihan. Maka tak aneh lagi rasanya jika hampir seluruh pengguna smartphone atau pun tablet selalu menyempatkan diri di sela-sela kegiatan mereka untuk memainkan game mobile. 

Namun apa sebenarnya formula di balik kesuksesan sebuah judul game mobile? Mengapa pemainnya bisa dibuat ketagihan?

Nick Williams dan Jonathan Evan, dua orang pengembang game mobile dari Lumo Developments pada sebuah wawancara dengan The Guardian mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan sebuah judul game mobile adalah 'ketidaksempurnaan'.

Aneh memang, namun Jonathan Evan menjelaskan, "Ketika Anda membuat sebuah game mobile, seorang pengembang game harus membuang jauh-jauh egonya. Mereka pasti ingin karyanya sempurna, tetapi dalam game mobile hal itu tidak berlaku."

"Desain game mobile harus sederhana. Anda tidak bisa berharap pemain mencurahkan seluruh perhatiannya pada game, ini (game mobile) hanya untuk mengisi waktu luang. Mereka mungkin memainkannya sembari naik bus atau mendorong kereta bayi," lanjut Evan.

Pada kesempatan yang berbeda, Dr Simon Moore, psikolog spesialis dampak game terhadap otak manusia menyebutkan pernyataan yang senada.

Ia mengatakan, "karakter pemain game mobile sangat berbeda dengan karakter pemain konsol game. Mereka tidak terlalu ingin terlibat di dalam game, mendambakan gameplay yang mudah dinavigasi. Keterlibatan emosional tidak terlalu penting, pemain game mobile hanya ingin merasa senang."

Selain itu, Dr Moore juga berpendapat bahwa pemilihan warna dalam game mobile sangatlah krusial. Warna-warna cerah yang mudah ditangkap oleh penginderaan manusia lebih besar peluangnya untuk menjadi sukses.

"Banyak hasil penelitian psikologis yang mengungkapkan ketertarikan manusia akan warna. Kita tahu hasil riset menyebutkan bahwa efek psikologis dari warna biru pada piring akan membuat kita makan lebih sedikit dari pada makanan di atas piring putih. Atau seorang wanita akan lebih menarik bila difoto dengan latar belakang merah. Hal ini yang harus diterapkan pula pada pengembangan game mobile," jelas Dr Moore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini