Sukses

Mengintip Pembuatan Kondom Canggih Besutan Bill Gates

Proyek pembuatan kondom ini sebagai bentuk kontribusi yayasan milik Bill Gates terkait masalah penyebaran virus HIV AIDS.

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti dari University of Wollongong, Australia, saat ini tengah serius menggarap sebuah proyek pembuatan kondom generasi terbaru. Penelitian yang sedang mereka lakukan itu dilaporkan mendapat sokongan dana sebesar US$ 100 ribu dari yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.

Menurut penjelasan Bill Gates, proyek pembuatan kondom ini sebagai bentuk kontribusi yayasannya terkait masalah penyebaran virus HIV AIDS.

Pada sesi tanya jawab 'Ask Me Anything' yang digelar situs jejaring sosial, Reddit, Gates mengatakan, "ini ada sebuah proyek yang mengangkat topik sensitif. Idenya bermula pada kenyataan bahwa banyak pria yang tidak menyukai menggunakan kondom karena desainnya yang tidak nyaman. Hal ini berbahaya karena semakin memperbesar kemungkinan penyebaran virus HIV."

Laman Business Insider, Selasa (10/6/2014), melaporkan bahwa kondom generasi terbaru yang saat ini tengah dikembangkan oleh para peneliti dari University of Wollongong akan menggunakan material canggih yang disebut dengan hydro-gel padat.



Para peneliti mendeskripsikan bahan kondom ini sebagai bahan yang "bersifat, terasa dan terlihat jauh lebih mirip dengan kulit manusia."

Material yang dibuat dari hidrogen itu diklaim terasa lembut, lentur, namun memiliki kekuatan yang menjaminnya tidak akan mudah sobek seperti kebanyakan kondom berbahan lateks yang kini beredar di pasaran.

Jika proyek kondom berbahan inovatif ini mampu memikat hati Bill Gates, maka yayasan Bill & Melinda Gates Foundation kabarnya akan menambah biaya penelitian hingga US$ 1 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini