Sukses

Hengkang, Bos PayPal Hijrah ke Facebook

Pengunduran diri pimpinan PayPal dinilai sebagai sinyal bahwa Facebook tertarik mengubah layanan pesan miliknya menjadi platform transaksi.

Liputan6.com, California - Presiden PayPal, David Marcus, memutuskan hengkang setelah memimpin selama sekitar dua tahun. Pasca pengunduran dirinya, Marcus akan bergabung dengan Facebook, secara khusus untuk menjalankan produk messaging.

Dilansir Reuters, Selasa (10/6/2014), di bawah kepemimpinan Marcus, PayPal kian agresif menjalankan bisnis, salah satunya dengan mengembangkan dompet mobile untuk konsumen.

Marcus menjelaskan, keputusannya bergabung dengan Facebook setelah Chief Executive Officer (CEO) Mark Zuckerberg, berbagi visi menarik tentang pesan mobile.

"Saya mencari tantangan baru untuk membuat sesuatu yang baru dan penuh arti," jelas Marcus.

Juru bicara Facebook, Vanessa Chan, mengatakan bahwa dengan peran baru Marcus sebagai Vice President of Messaging Product, ia akan mengawasi layanan Messenger di dalam Facebook serta aplikasi mobile Messenger. Namun aia tidak bertanggungjawab untuk WhatsApp.

Bergabungnya Marcus dengan Facebook sendiri turut menandai upaya baru raksasa jejaring sosial itu untuk meningkatkan performa fitur pesan pribadi, di tengah persaingan yang kian kompetitif dari pada pesaing beratnya, seperti Snapchat dan Line.

Menurut data Facebook, hampir 12 miliar pesan dikirim setiap hari di Facebook dan aplikasi Messenger memiliki lebih dari 200 juta pengguna.

Analis perusahaan riset Gartner, Brian Blau, menilai kepindahan Marcus memberikan sinyal bahwa Facebook tertarik mengubah layanan pesan menjadi sebuah platform untuk transaksi, seperti membeli tiket konser atau memesan makanan di restoran.

"Sangat jelas bahwa dengan latar belakang dalam e-commerce dan pembayaran, wajar jika berpikir bahwa dia (Marcus) akan membawa banyak hal untuk Facebook, kemungkinan terkait dengan messaging," ungkap Blau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.