Sukses

Bandara Inggris Sediakan Toilet Pintar yang Anti Kotor

Salah satu fasilitas umum yang sudah dilengkapi dengan toilet pintar itu adalah bandara internasional Heathrow Airport di London.

Liputan6.com, London - Banyak toilet yang ada di fasilitas umum, seperti di bandara atau stasiun kereta yang terlihat kotor dan mengeluarkan bau tak sedap. Sebagai solusi, perusahaan teknologi EuroTech merancang toilet pintar dengan menggunakan teknologi dari Intel.

Salah satu fasilitas umum yang sudah dilengkapi dengan toilet pintar itu adalah bandara internasional Heathrow Airport di London, Inggris. Tolet itu tepatnya berada di Terminal 2 atau The Queen's Terminal. Demikian seperti dikutip dari laman BBC, Kamis (12/6/2014).

Di dalam toilet itu ditanamkan sebuah sensor yang akan mengirimkan notifikasi kepada petugas pembersih agar mereka bisa membersihkan toilet dengan tepat waktu. Sensor akan bekerja setelah toilet didatangi beberapa pengunjung bandara.

Sebagai contoh, bila toilet sudah digunakan oleh 5 orang, maka toilet akan mengirim notifikasi kepada petugas pembersih untuk membersihkannya sebelum digunakan kembali.

Di sisi lain, sensor yang ada juga dapat menyimpan data mengenai frekuensi pemakaian sehingga mereka bisa menganalisa mana toilet yang sering digunakan.

"Ini adalah sebuah manfaat dari apa yang dihasilkan oleh teknologi Internet of Things. Teknologi ini harus digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan," kata Director of Smart Cities and Buildings Intel, Karen Lomas.

Bukan itu saja, sensor juga akan mencatat berapa lama petugas kebersihan datang setelah notifikasi dikirim dan berapa lama petugas membersihkan toilet tersebut. Dengan demikian, toilet Heathrow Airport akan selalu tampak bersih serta terbebas dari kotoran dan bau tak sedap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini