Sukses

Tanpa Bensin, Mobil Bisa Jalan Dengan Air Seni?

Sekelompok ilmuwan dari Korea University menggunakan atom karbon dari urin manusia untuk menjalankan kendaraan.

Liputan6.com, Korea Selatan - Setiap harinya ada sekitar 10,5 miliar air seni yang terbuang. Jumlah itu diperkirakan dapat mengisi sekitar 4.200 kolam renang Olimpiade. Untuk memanfaatkan limbah para ilmuwan tengah meneliti air seni agar bisa menghasilkan listrik untuk kendaraan, rumah, dan perkotaan.

Sekelompok ilmuwan dari Korea University tersebut berencana untuk menggunakan atom karbon dari air seni manusia untuk menghasilkan listrik murah. 

Mereka mengatakan bakal melakukan proses itu dengan mengganti platina mahal yang digunakan dalam sel bahan bakar saat ini dengan karbon alami yang terdapat dalam kotoran manusia.

Sel bahan bakar adalah sebuah teknologi yang dapat mengubah energi kimia menjadi listrik dengan mereaksikan hidrogen dan oksigen.

Campuran kimia itu bekerja dengan memberikan gas hidrogen ke anoda bermuatan negatif pada salah satu sisi sel bahan bakar, sedangkan oksigen disalurkan ke katoda bermuatan positif.

Jika proyek ini berhasil, mereka berharap temuannya dapat  digunakan secara luas di masa depan untuk memberikan tenaga pada kendaraan dan kebutuhan listrik rumahan. Namun masalahnya, katalis yang digunakan dalam sel bahan bakar masih sangat mahal.

Dengan mengganti platinum ke karbon, yang terbukti memiliki sifat sama, para ilmuwan percaya bahwa mereka bisa menekan biaya sel bahan bakar.

"Ada manfaat lingkungan lainnya yang dapat memanfaatkan air seni sebagai komoditas, bukan lagi sebagai produk limbah," kata Jong-Sung Yu, pemimpin penelitian ini.

Ia berpendapat karbon dari air seni juga bisa digunakan untuk menciptakan baterai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini