Sukses

`Begitu Pemerintah Terapkan 4G, XL Bisa Langsung On`

Nyaris semua operator telekomunikasi di Tanah Air mengklaim telah siap untuk menyediakan layanan data berbasis 4G.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kehadiran akses internet cepat sangat dinanti-nanti sebagian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia saat ini baru menerapkan teknologi pendukung akses internet cepat berbasis 4G LTE (long term evolution).

Dan hingga saat ini, penerapan teknologi 4G baru sebatas di sekitar ibukota Jakarta. Padahal, nyaris semua operator telekomunikasi di Tanah Air mengklaim telah siap untuk menyediakan layanan data berbasis 4G.

"Kita sudah siap untuk menggelar 4G. Begitu pemerintah terapkan 4G, XL bisa langsung jalan," kata Agus Simorangkir, Vice President Project Management XL di Bale Raos, Yogyakarta.

Ia juga mengaku bahwa beberapa kota yang tersedia jaringan XL telah siap mengadopsi teknologi 4G LTE. Bahkan, pelanggan XL di Bali disebutkan sempat menikmati layanan telekomunikasi berbasis 4G.

"Jaringan 4G kita sudah ada di Bali, tapi kondisinya sekarang mati. Beberapa kota lain juga sudah siap tapi belum kita nyalakan karena pemerintah belum memberikan regulasinya," tambah Agus.

Lebih lanjut, pria asal Sumatera Utara itu memaparkan pihaknya sempat melakukan ujicoba penggunaan teknologi 4G di layanannya. Kala itu, XL memakai kapasitas 5 Mhz di frekuensi 1.800 Mhz dan 10 Mhz di 2.100 Mhz.

Selain XL, operator telekomunikasi lain yang sudah mengujicoba penggunaan teknologi 4G LTE ialah Indosat, Telkomsel dan Tri. Semua operator yang telah melakukan ujicoba mengaku tinggal menunggu regulasi dari pemerintah untuk menggelar layanan itu secara luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.