Sukses

Indosat Andalkan Internet 42 Mbps Untuk Puasa & Lebaran

Teknologi dual-carrier high speed packet access (DC-HSPA+) menjadi andalan operator selular tersebut.

Liputan6.com, Semarang - Internet sudah menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian orang. Tingginya angka adopsi perangkat mobile pintar seperti smartphone, tablet dan laptop mendorong kebutuhan akses internet cepat makin besar.

Menghadapi momen bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, para operator berusaha menyediakan layanan terbaik demi menunjang kebutuhan pelanggan. PT Indosat Tbk pun mengaku telah berusaha meningkatkan kualitas layanan miliknya.

Agar pelanggan bisa nyaman saat menyambut Ramadhan dan Lebaran, Indosat telah menyediakan internet berkecepatan tinggi. Teknologi dual-carrier high speed packet access (DC-HSPA+) menjadi andalan operator selular tersebut.

"Kita sudah bekerjasama dengan dua carrier besar, Huawei dan Ericsson supaya menyediakan layanan internet cepat demi memenuhi kebutuhan pelanggan. Akses ini bisa menyediakan akses hingga 42 Mbps," kata Joko Riswadi, Division Head of Network Optimization Indosat.

Lebih lanjut, Joko mengklaim pihaknya sudah menyediakan akses internet berkecepatan hingga 42 Mbps tersebut di beberapa kota yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sukabumi dan Bali.

Propinsi Jawa Tengah diakui Indosat menjadi salah satu regional yang akan mendapat lonjakan trafik terbesar saat musim mudik tiba. Posisinya yang berada di jalur perlintasan menuju Jawa Timur membuatnya memiliki potensi lonjakan kebutuhan kapasitas lebih besar dari wilayah lainnya.

Kesiapan layanan internet Indosat dalam menghadapi lonjakan trafik Ramadhan dan Lebaran pun diuji coba. Mengambil tempat di Kota Semarang, Indosat mengajak sejumlah media untuk menjajal kualitas teknologi DC-HSPA+ miliknya.

"Kita keliling jalanan protokol dan tempat wisata di Semarang untuk tahu kualitas layanan DC-HSPA+ yang ada. Hasilnya pengujian masih harus menunggu, tapi selama pengujian akses internet dan streaming video berjalan lancar dan siap menghadapi lonjakan trafik Lebaran," tandasnya.

Indosat mengaku rata-rata trafik harian miliknya pada tahun ini untuk layanan suara sebesar 5,48 juta Erlang per hari, 711,6 juta SMS per hari, dan 234,4 terabyte data per hari.

Trafik ketiga layanan tersebut diprediksi akan mengalami peningkatan, baik pada awal Ramadhan maupun saat Lebaran. Indosat memprediksi momen lebaran akan mendongkrak trafik layanannya hingga 20%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.