Sukses

5 Aplikasi Pemilu 2014 Buatan Generasi Muda Indonesia

Berikut 5 aplikasi Pemilu 2014 terbaik yang siap untuk diakses, aplikasi ini dirancang para mahasiswa-mahasiswi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kontes pembuatan aplikasi Pemilu 2014 'Code for Vote 2.0 Challenge', terpilih 5 tim developer yang berhasil memenangkan kontes bergengsi tersebut. Mereka adalah Ice Barbel, WOW,  PemimpinKita, Femmous, Lummachrome Developers, dan IR24JAM.

Dari 5 tim developer tersebut, terlahir pula 5 aplikasi Pemilu 2014 terbaik yang siap untuk diakses. Di antaranya adalah aplikasi Pemiluman, PemimpinKita, AyoNyoblos, Pelita, dan Analisis Pilpres 2014. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pemiluman

Aplikasi berbasis Android ini merupakan aplikasi yang menginformasikan calon presiden dan wakil presiden secara mudah dan menarik. Dari mulai profil, jejak rekam, visi-misi, program serta janji Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK terintegrasi dalam satu paket informasi.

Pemiluman memiliki tampilan yang interaktif, intuitif, dan sangat mudah digunakan. Informasi yang disediakan pada aplikasi ini adalah berupa profil, event, janji, berita para capres-cawapres, dan FAQ yang berkaitan dengan pemilihan predsiden 2014.   

Pemiluman dirancang oleh tim developer asal Bandung bernama Ice Barbel. Mereka adalah mahasiswa Ilmu Komputer dari Institut Teknologi Bandung, yang terdiri dari Genta Indra Winata, Kelvin Valensius, mochammad Dikra Prasetya, Quinnzon Radyatmadja Djauhari, dan James Jaya.

3 dari 6 halaman

PemimpinKita

Aplikasi berbasis web ini ditujukan untuk pemilih pemula, di mana dapat membantu mereka mengenal dengan jelas capres-cawapres yang akan dipilih. PemimpinKita berisi visi-misi dan rencana/ janji dari masing-masing capres-cawapres.

Dengan aplikasi ini pemilih dapat mengetahui capres-cawapres sesuai dengan apa yang mereka harapkan dan mengetahui alasan kenapa mereka memilih salah satu capres-cawapres peserta pemilu presiden 2014.

Pemimpin kita dibuat oleh tim developer Wow yang terdiri dari Hanif Ibadurahman, Thifani Dide, dan Rifqi Al Fatih. Mereka tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komputer semester 4 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia angkatan 2012.

4 dari 6 halaman

AyoNyoblos

Aplikasi Android yang satu ini menyajikan tutorial pencoblosan dan berbagai macam informasi terkait pemilu 2014, yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Melalui aplikasi ini pemilih pemula dapat mengenal capres-cawapres yang akan mereka pilih.

Dalam AyoNyoblos terdapat beberapa fitur seperti biodata capres-cawapres, simulasi pemilu, berita pemilu, suara pemilu, permainan, tanya pemilu, dan reminder mengenai tanggal terselenggaranya pemilu.

Aplikasi ini dibuat oleh tim developer Femmous. Sesuai dengan namanya, seluruh anggota pengembang ini adalah wanita, yang terdiri dari Angellica Octavianzy Sabrina, Arum Kusuma Wardani, Nur Farida Irnawati, Fakhria Nur Sabrina, dan Ika Pretty Siregar.

5 dari 6 halaman

Pelita

Pemilihan Presiden Kita (Pelita) berisi informasi mengenai latar belakang capres-cawapres, even debat capres-cawapres, janji-janji mereka, berita seputar pemilu, dan gambar banner yang bisa di-share ke media sosial.

Selain itu Pelita juga menginformasikan jawaban mengenai pertanyaan umum seputar Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014. Aplikasi ini dirancang oleh tim developer Lumachrome Developers, yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desain kreatif.

Lumachrome sendiri mrrupakan sekelompok mahasiswa informastika yang memiliki keahlian di bidang mobile application development dan desain. Mereka adalah Denmas Muhammad Ridwan, Damai Subimawanto, Soeltan Zaki Rizaldy, dan Ario Halik.

6 dari 6 halaman

Analisis Pilpres 2014

Ini adalah sebuah situs yang memberikan analisis terhadap calon presiden dan wakil presiden 2014 di media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya.

Di samping itu layanan ini juga menghadirkan fitur yang menyuguhkan penilaian ataupun pandangan terhadap janji-janji yang diberikan oleh masing-masing calon serta statistik dari penilaian tersebut.

Analilis Pilpres 2014 didirikan oleh developer IR24JAM, yang terdiri dari alumni dan mahasiwa tingkat akhir Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Mereka adalah Elsa Anggraini Darwin, Amanah Ramadiah, dan M. Ibrahim Alkaff.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini