Sukses

Kecepatan Internet di Semarang Tembus 18,6 Mbps

Kecepatan akses internet Indosat di Semarang diklaim bisa tembus 18,6 Mbps saat downlink dan 2,6 Mbps saat uplink.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indosat Tbk hampir merampungkan proses modernisasi jaringan yang dimilikinya di daerah Jawa Tengah. Pembaharuan yang dilakukan Indosat juga diklaim melahirkan teknologi yang mampu mendukung layanan internet cepat hingga 42 Mbps.

Dukungan internet cepat itu secara teknis menggunakan dual carries high speed packet access (DC-HSPA+). Teknologi ini diselenggarakan dengan menggandeng dua penyedia teknologi komunikasi terkemuka, Huawei dan Ericsson.

Indosat mengaku teknologi yang baru diresmikan di Semarang itu juga disediakan untuk memenuhi lonjakan kapasitas yang akan terjadi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Jawa Tengah yang menjadi kota perlintasan maupun tujuan pemudik biasanya mengalami lonjakan pesat ketika musim mudik tiba.

Demi mengetahui kualitas layanan dari teknologi baru yang dimilikinya, Indosat menjajal kemampuan layanan telekomunikasinya yang baru diperbaharui di sekitar Kota Semarang. Bersama awak media nasional dan lokal Indosat menyambangi beberapa titik penting di Kota Semarang.

"Kita ke 9 lokasi di sekitar Semarang mulai dari Pandanaran, Tugu Muda sampai Simpang Lima. Hasilnya akses downlink maksimum mencapai 18,6 Mbps dengan rata-rata 6 Mbps sedang uplink tercatat 2,6 Mbps dengan rata-rata 1,4 Mbps," ungkap Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat di Semarang.

Selain Semarang, Indosat mengklaim telah menyediakan akses internet berkecepatan hingga 42 Mbps tersebut di beberapa kota yakni Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Sukabumi dan Bali.

Joko juga mengungkap kemampuan tersebut dihasil Indosat setelah menyelesaikan 96% modernisasi yang diprogramkan berlangsung di Jawa Tengah. Perusahaan itu mengaku telah melakukan modernisasi di 220 base transceiver station (BTS) supaya dapat memberikan kualitas layanan yang lebih baik.

Pihak 'operator kuning' itu pun mengaku rata-rata trafik harian miliknya pada tahun ini untuk layanan suara sebesar 5,48 juta Erlang per hari, 711,6 juta SMS per hari, dan 234,4 terabyte data per hari.

Trafik ketiga layanan tersebut diprediksi akan mengalami peningkatan, baik pada awal Ramadhan maupun saat Lebaran. Indosat memprediksi momen lebaran akan mendongkrak trafik layanannya hingga 20%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.