Sukses

Baca Buku Lebih Fun Dengan Aplikasi Asli Indonesia Ini

Aplikasi mobile besutan anak negeri ini diklaim bisa membuat aktivitas membaca menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Membaca buku adalah salah satu aktivitas belajar yang efektif untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Namun sayangnya, sebagian orang menganggap bahwa membaca buku adalah aktivitas yang memboankan.

Untuk itu Aksara Maya mengembangkan aplikasi social reading yang diberi nama MOCO. Aplikasi mobile ini diklaim bisa membuat aktivitas membaca menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

"Sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti `membaca`, semua aktivitas yang terjadi dalam MOCO berbasis `book based`. Namun demikian, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur sosial sehingga para pengguna bisa saling berinteraksi, chatting, dan mem-follow atau following satu sama lain," kata Bernardus Indra Yustiawan, Head of Communication Aksara Maya selaku pengembang aplikasi MOCO di kantor Liputan6.com, SCTV Tower, Jakarta.

Selain itu, lanjut Indra, MOCO juga membenamkan fitur ePustaka yang merupakan perpustakaan digital. Di dalamnya sudah terdapat sekitar 3.000 judul buku yang bisa dibaca, dibeli, dipinjam, dan disewa oleh pengguna.

"Menariknya, ePustaka bisa dimanfaatkan oleh siapapun, mulai dari kampus, institusi, instasi hingga para penulis independen yang ingin mengkonversi buku konvensional ke digital. Penerbit pun juga bisa memiliki ePustaka di MOCO," tambahnya.

Indra menyebut, fitur ini juga membuka peluang bagi para blogger dan penulis pemula untuk berkarya dan menerbitkan buku dengan proses yang mudah. Dalam artian tidak memerlukan proses yang panjang seperti penerbit buku pada umumya.

"Kami membuka peluang bagi para blogger atau penulis pemula yang ingin menerbitkan buku. Prosesnya mudah, tinggal kasih naskah dan kami akan mengurus semuanya. Model bisnisnya adalah royalti," tambah Indra lagi.

MOCO sendiri berada di naungan PT Woolu Aksara Maya yang diprakarsai oleh empat kreator muda yaitu Sulamso Sudharno, Panya Siregar, Ganidan, dan Ardiansyah. Meskipun mereka memiliki latar belakang berbeda, tetapi memiliki impian yang sama yaitu bagaimana membuat aktivitas membaca menjadi lebih menyenangkan.

Aplikasi MOCO dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android dan di Apple App Store untuk perangkat berbasis iOS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.