Sukses

Mengintip Beragam Kejutan di Google I/O

Acara tahunan Google ini diprediksi akan dimeriahkan oleh berbagai produk terbaru mulai dari sistem operasi Android hingga perangkat Nexus.

Liputan6.com, Konferensi developer Google I/O tinggal menghitung hari. Acara tahunan Google ini diprediksi akan dimeriahkan oleh berbagai produk terbaru mulai dari sistem operasi (OS) Android hingga perangkat Nexus.

Bos Android, Sundar Pichai, dipastikan akan menjadi salah satu pembicara utama dalam acara yang digelar pada 25-26 Juni. OS 'robot hijau' pun diyakini akan mendominasi konferensi tersebut.

Meski Google bungkam mengenai berbagai hal yang akan diumumkan dalam acara itu, berbagai prediksi dan rumor terus berhembus. Laman Phone Arena merangkum beberapa produk yang kemungkinan akan memeriahkan acara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Android 5.0 Lollipop atau Android 4.x

Konferensi Google I/O 2014 dibuka hampir sembilan bulan setelah Google memperkenalkan Android 4.4 KitKat kepada dunia. Sehingga, saat ini dinilai sebagai waktu yang tepat untuk mengenalkan sang suksesor.

Android 5.0 diprediksi akan menjadi versi baru Android. Rumor tentang OS ini juga telah lama beredar.

3 dari 6 halaman

2. Perombakan Desain Android

Perubahan terbesar dalam versi terbaru Android adalah penampilannya. Android Police mengklaim berhasil mengungkap rencana perubahan desain untuk semua produk Google, termasuk versi web, desktop, dan mobile.

Antar muka terbaru Android didominasi warna putih dan tampilan visual yang sangat kontras. Setidaknya perubahan ini terlihat untuk aplikasi seperti Kalender dan Gmail. Perubahan yang sama diprediksi akan diimplementasikan untuk semua aplikasi native Android.

4 dari 6 halaman

3. Google Auto Link

Google diprediksi akan memperkenalkan interface mobil besutannya dalam I/O. Interface ini memiliki kode nama Google Auto Link dan dikembangkan oleh Open Automotive Alliance, sebuah kelompok perusahaan yang terdiri dari Google, Audi, General Motors, Honda, Hyundai, dan NVIDIA.

Mobile dari merek perusahaan otomotif di atas, diprediksi akan menjadi yang pertama memiliki interface tersebut.

Google Auto Link akan memungkinkan pengguna mengontrol smartphone Android secara langsung dari dashboard, tanpa harus menyentuh smartphone tersebut.

Namun interface ini tidak akan memiliki fungsi Android sepenuhnya, melainkan hanya bisa melakukan panggilan telefon, menggunakan Google Maps, mengirim pesan, menghidupkan musik, dan terintegrasi dengan Google Now.

5 dari 6 halaman

4. Smartwatch Android Wear

Android sangat ini tengah meraksasa, sehingga berita tentang hardware terbaru yang menggunakan OS itu kerap menyedot perhatian. Termasuk smartwatch berbasis Android Wear.

Ide Google mengenai smartwatch bukan sebagai sebuah perangkat mandiri. Melainkan sebagai pendamping untuk smartphone yang bisa mendengarkan suara penggunanya, serta menampilkan informasi dengan cepat dan relevan.

Smartwatch ini juga akan memiliki layar 'always-on', sehingga pengguna tidak perlu repot menghidupkan layar jika ingin melihat jam.

6 dari 6 halaman

5. Nexus dipensiunkan

Program smartphone Nexus menghadirkan sejumlah perangkat hebat dengan harga terjangkau. Nexus 5, misalnya, dijual dengan harga lebih murah dari pada perangkat flagship Android lain, tapi memiliki spesifikasi dan fungsi yang tak kalah hebat.

Namun generasi terbaru smartphone Nexus alias Nexus 6 diperkirakan tidak akan hadir di Google I/O 2014. Sebagai gantinya, Google dikabarkan memiliki program baru bernama Android Silver, sehingga tidak akan ada lini Nexus pada tahun ini dan juga tidak akan ada smartphone Nexus 2015.

Jika Android Silver terbukti ada, maka kemungkinan kita akan mendengar rencana Google ini di I/O 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.