Sukses

Nokia Siap Gelar 4G LTE di Indonesia Tahun Depan

Nokia telah berkerjasama dengan tiga operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, Hutchison (Tri), dan Smartfren, untuk menggelar 4G LTE.

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan telekomunikasi 4G LTE (Long Term Evolution) tak lama lagi akan bisa dicicipi di seluruh Indonesia. Para operator telekomunikasi menyatakan diri sudah siap untuk mengimplementasikannya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Nokia selaku penyedia layanan teknologi jaringan seluler. President Director Nokia Solution Network (NSN) Indonesia, Darmesh Malhotra menyebutkan bahwa pihaknya telah berkerjasama dengan tiga operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, Hutchison (Tri), dan Smartfren, untuk menggelar 4G LTE yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2015 mendatang.

"Indonesia akan menjadi pasar yang sangat potensial untuk 4G LTE. Kami sudah berkerjasama dengan Telkomsel, Hutchison (Tri), dan terakhir dengan Smartfren yang akan beralih dari CDMA ke LTE. Rencananya tahun depan sudah bisa digelar dan pemerintah pun memberikan dukungan dengan baik," tutur Malhotra di acara NSN Revisited Mobile World Congress 2014 yang berlangsung hari ini, Selasa (24/6/2014).

Di lain pihak, sebelumnya Telkomsel juga telah mengumumkan akan mengalokasikan penambahan investasi yang signifikan Untuk menggelar jaringan 4G LTE. Dukungan ekosistem DNA (Device – Network – Applications) juga dibutuhkan untuk memberikan pengalaman baru mobile digital lifestyle kepada masyarakat Indonesia.

Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Telkomsel mengaku sudah mendapat dukungan penuh dari para pemegang saham untuk mengimplementasikan layanan 4G LTE ini di seluruh Indonesia. 

Nokia sendiri saat ini diketahui telah mendukung 143 layanan komersial jaringan 4G LTE di berbagai penjuru dunia, termasuk China, Jepang dan Korea Selatan.

Untuk semakin memaksimalkan layanan 4G LTE, Nokia juga mengenalkan teknologi telekomunikasi berbasis komputasi awan yang disebut dengan Telco Cloud. Teknologi ini diyakini mampu meningkatkan efisiensi dan layanan data para operator telekomunikasi. Sejauh ini Telco Cloud masih dalam tahap uji coba yang dilakukan di Jepang.

Layanan 4G LTE nantinya akan menawarkan theoretical download speed antara 75 – 100 Mbps dan typical download speed berkisar antara 3 – 12 Mbps. Kecepatan ini menawarkan akses mobile internet yang tiga kali lebih cepat dibandingkan layanan 3G.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.