Sukses

Apple Siapkan Tim Khusus untuk Siri

Liputan6.com, Jakarta - Laporan The Wall Street Journal pada bulan lalu, yang mengklaim bahwa Samsung akan mengakuisisi Nuance, ternyata ditanggapi secara tidak langsung oleh Apple. Pasalnya, perusahaan yang ingin diakuisisi rivalnya itu memiliki peran besar di balik teknologi asisten virtual Apple, Siri.

Menurut laporan Wired, Apple sedang membentuk tim pengenalan suara sendiri untuk memperkuat generasi terbaru Siri. Bahkan Apple tidak hanya merekrut orang-orang di level manajerial, tapi juga di level peneliti dan pimpinan tim.

"Mereka sedang membuat tim yang sangat kuat untuk penelitian pengenalan suara," ungkap seorang peneliti Universitas Toronto, Abdel-rahman Mohamed, seperti dilansir Mac Rumors, Kamis (3/7/2014).

Kabar mengenai ketertarikan Samsung terhadap Nuance telah tersiar sejak bulan lalu. Selain Samsung, Nuance disebut melakukan penjajakan dengan sejumlah perusahaan lain. Namun tidak ada Apple di dalamnya.

Pembicaraan mengenai akuisisi Nuance ini telah berlangsung sejak awal tahun. Kendati demikian, belum ada konfirmasi dari pihak bersangkutan.

Sementara itu selama beberapa tahun terakhir, Apple telah merekrut peneliti tingkat tinggi di Nuance, termasuk mantan Vice President of Research, Larry Gillick. Beberapa di antaranya bekerja di kantor Apple di Boston, yang pada tahun lalu dikabarkan sedang mengerjakan solusi Siri milik Apple, sebagai langkah menjauh dari teknologi Nuance.