Sukses

Telkomsel Siapkan Mobile Payment NFC Pertama di Indonesia

Telkomsel sedang menyiapkan mobile payment berteknologi NFC pertama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan uang digital atau e-money di Indonesia sedang digenjot untuk mengurangi jumlah uang kartal yang beredar. PT Telkomsel berharap layanan terbaru yang sedang mereka siapkan bisa jadi senjata andalan dalam mendorong penggunaan e-money.

Produk layanan e-money baru yang disiapkan Telkomsel disebutkan akan mengadopsi teknologi near field communications (NFC). Telkomsel mengklaim layanannya itu akan jadi mobile payment dengan NFC pertama di Indonesia.

"Kita akan bawa mobile payment yang sudah pakai teknologi NFC. Telkomsel akan jadi yang pertama sediakan mobile payment berbasis NFC pertama di Indonesia nantinya," kata R. Andi K. Utomo, Vice President Payment and Banking Telkomsel.

Kehadiran dukungan NFC memungkinkan penggunanya melakukan transaksi pembayaran hanya menggunakan ponsel. Teknologi NFC memang sudah diterapkan pada banyak perangkat kelas atas berbasis Android, Windows Phone maupun BlackBerry.

Andi saat ditemui di Mango Tree Bistro restoran, Jakarta mengaku potensi dari layanan berbasis NFC sudah cukup besar. Telkomsel mencatat sekitar 2,5 juta pelanggannya telah menggunakan handset yang dilengkapi fitur NFC dan dinilai sebagai sebuah pasar besar bagi produk barunya itu.

Anak usaha Telkom Group itu mengaku bahwa produk e-money tersebut masih dalam proses pengembangan dan akan diintegrasikan dengan T-Cash yang sudah lebih dulu hadir di pasaran.

"Maunya kita pelanggan nanti cuma perlu bawa ponselnya aja buat bayar pakai T-Cash karena sudah terintegrasi. Rencananya produk ini sudah bisa diluncurkan di sekitar September-Oktober, mudah-mudahan ya," tandas Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.