Sukses

Laptop Dell Meledak, Nenek 72 Tahun Alami Luka Bakar

Liputan6.com, Pennsylvania - Kasus terbakarnya barang elektronik seperti ponsel atau laptop kembali terjadi. Kali ini menimpa salah seorang wanita tua asal Pennsylvania bernama Loretta Luff yang berusia 72 tahun.

Luff saat itu sedang mengecek email dan bermain game Spider Solitaire di meja ruang tamunya, namun tiba-tiba laptopnya yang bermerek Dell Inspiron meledak. Bahkan baterai laptopnya sampai terlontar melintasi ruangan.

"Kejadian selanjutnya yang saya tahu, ada bajuku yang terbakar, aku menyambarnya dan berusaha mematikan apinya dan saat itulah ada rambutku yang hangus," katanya kepada CBS Philadelphia. 

Laman Dailymail melaporkan, wanita asal Langhorne Manor, Pennsylvania itu juga sempat menginjak api kecil yang mulai membara di karpet dan membakar kakinya. Untungnya ia bisa memadamkan api tersebut dengan air dari mangkuk anjingnya, sementara petugas pemadam kebakaran memadamkan sisanya.  

Akibat kejadian ini, Luff mengalami luka bakar tingkat pertama dan dua di bagian kaki, lengan dan wajah. "Kaki saya yang paling parah," katanya lagi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal oleh petugas pemadam kebakaran, kemungkinan besar yang menjadi penyebab kejadian ini adalah baterai. Pihak Dell sendiri mengklaim akan menyelidiki insiden ini, namun Dell memperingatkan konsumen agar berhati-hati memilih baterai.



1 dari 2 halaman

Dell Beri Peringatan

"Menggunakan baterai yang tidak kompatibel atau baterai dari pihak ketiga dapat meningkatkan risiko kebakaran atau ledakan dan mereka harus mengganti baterai hanya dengan baterai yang dibeli dari Dell, yang dirancang sesuai untuk komputer Dell," papar perusahaan.

Menurut penjelasan Luff, ia memang sudah pernah menggantikan baterai laptopnya sekitar tiga tahun lalu, tapi tidak tahu apakah baterai itu asli atau bukan. Beruntung saat kejadian itu ia ada di rumah, jika tidak rumahnya kemungkinan bisa habis terbakar dilalap api.

Laptop yang digunakan Luff merupakan hadiah dari putrinya, dan diberikan enam tahun yang lalu.

Baca juga:
Terkuak, Charger Palsu Pemicu Ponsel Meledak
Tewas Terbakar, Pria Ini Lebih Sayang Ponsel Daripada Nyawa
Aneh, iPhone 5S Tiba-tiba Saja Terbakar Tanpa Sebab!