Sukses

Adopsi Android KitKat Tumbuh Signifikan

Distribusi Android KitKat mengalami pertumbuhan dari 13,6 persen pada bulan lalu, menjadi 17,9 persen

Liputan6.com, Google kerap memperbarui data jumlah distribusi sistem operasi (OS) Android pada Senin pertama di setiap bulan. Hasil bulan ini, tak berbeda dengan periode sebelumnya yaitu Android KitKat kembali menunjukkan pertumbuhan signifikan.

Dilansir Phone Arena, Kamis (10/7/2014), distribusi Android KitKat mengalami pertumbuhan dari 13,6 persen pada bulan lalu, menjadi 17,9 persen dari total OS 'robot hijau' tersebut. KitKat mengalami pertumbuhan 12,6 persen sejak April 2014 dan tidak menunjukkan tanda-tanda melemah. 

Secara keseluruhan, versi Jelly Bean mendominasi pasar Android dengan 56,5 persen. Posisi tiga besar lain ditempat oleh Android Gingerbread dengan 13,5 persen pangsa pasar.

Sedangkan Android Ice Cream Sandwich memiliki kontribusi sebesar 11,4 persen dan Froyo 0,7 persen. Seluruh data ini dikumpulkan selama tujuh hari yang berakhir pada 7 Juli 2014.



Sebentar lagi persentase Android ini diprediksi akan berubah, mengingat versi terbaru yakni Android L, telah diumumkan pada akhir bulan lalu. OS terbaru ini diperkenalkan di konferensi Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat pada akhir Juni 2014.

Kehadiran Android L diprediksi bisa menghambat pertumbuhan KitKat. Pasalnya, sebagian besar manufaktur menjanjikan pembaruan Android L untuk produk flagship mereka setelah tiga bulan OS itu dirilis. Dengan demikian, kemungkinan KitKat tidak akan mencapai tingkat pertumbuhan seperti Jelly Bean atau Gingerbread.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini