Sukses

Pengapalan Tablet Lampaui PC Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Tablet saat ini adalah salah satu perangkat mobile populer. Bahkan meski penjualannya melambat, pengapalan tablet diprediksi akan melampaui pasar PC pada tahun depan. 

Hal ini diungkapkan oleh perusahan riset, Gartner. Pada tahun depan, kombinasi pengapalan PC tradisional dan perangkat ultramobile akan mencapai 317 juta unit. Sedangkan pengapalan tablet akan mencapai 320 juta unit.

Kendati demikian, bukan berarti pasar PC akan benar-benar nelangsa. Menurut Gartner, pasar PC hanya mengalami penurunan 2,9 persen pada tahun ini, lebih sedikit dibandingkan hampir 10 persen pada tahun sebelumnya.

"Pembaruan bisnis dari Windows XP dan siklus pergantian bisnis umum akan mengurangi kecenderungan penurunan, terutama di Eropa Barat," kata Direktur Penelitian Gartner, Ranjit Atwal, seperti dilansir USA Today, Kamis (10/7/2014).



Sementara itu, meski pengapalan tablet global akan mengalami pertumbuhan, tapi pasar menunjukkan tanda-tanda melambat. Hal ini karena permintaan untuk tablet dengan layar lebih kecil berkurang dan banyak pengguna beralih ke phablet.

Sedangkan penjualan smartphone akan terus melonjak. Gartner memperkirakan, smartphone akan menguasai 66 persen penjualan ponsel pada tahun ini, dan naik menjadi 88 persen pada 2018.