Sukses

Pabrik Disatroni Perampok, Samsung Rugi Puluhan Miliar Rupiah

Liputan6.com, Sao Paulo - Insiden nahas menyambangi Samsung. Sekawanan perampok bersenjata berat dilaporkan berhasil membobol pabrik Samsung di Brasil. Kawanan perampok itu berhasil membawa kabur 40 ribu unit produk Samsung, mulai dari smartphone, tablet, hingga notebook yang diperkirakan senilai US$ 6,3 juta atau setara dengan Rp 73 miliar.

Menurut laporan kronologis kejadian yang dilansir laman The Guardian, Rabu (9/7/2014), para perampok berhasil masuk dan melewati penjagaan pabrik Samsung di wilayah Campinas, Sao Paulo, setelah menyamar sebagai pekerja dengan menggunakan bus karyawan Samsung yang mereka bajak.

Berdasarkan keterangan polisi setempat, diperkirakan jumlah kawanan perampok yang menyerang pabrik Samsung berjumlah 20 orang. Durasi perampokan terjadi sekitar 3 jam, serta sempat terjadi perlawanan terlebih dulu dari pihak karyawan dan keamanan pabrik.

"Mereka berhasil menaklukan penjaga, mengambil senjata, dan amunisi. Mereka juga mengancam para pekerja untuk terus berkerja seolah-olah tidak terjadi apapun," papar Vitor Chaves, Letnan Polisi wilayah Campinas.

Lebih lanjut dijelaskan, pihak kepolisian mencurigai para perampok telah sangat memahami kondisi pabrik yang diincar. Besar kemungkinan ada keterlibatan pihak dalam yang membantu.

Campinas sendiri merupakan kota industri yang terletak di wilayah dataran tinggi. Campinas juga kerap disebut sebagai Silicon Valley-nya Brasil.

Namun sayang, tingkat perampokan dan kejahatan lain di sektor manufaktur kerap terjadi di Campinas. Kepolisian setempat mencatat telah terjadi 657 kasus perampokan dan pencurian kargo pabrik sepanjang tahun 2013.