Sukses

Microsoft Pertahankan Windows 7 Hingga Tahun 2020

Microsoft masih akan menjual sistem operasi Windows 7 hingga pertengahan tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Tak ingin kembali diprotes seperti saat mempensiunkan Windows XP, Microsoft kabarnya akan mempertahankan sistem operasi Windows 7 dalam kurun waktu yang cukup lama. Windows 7 dilaporkan akan tetap bisa digunakan oleh pengguna hingga tahun 2020 mendatang.

Pihak Microsoft mengklaim, pihaknya akan terus menyediakan dua tingkat dukungan terhadap Windows 7 hingga 2020. Kedua tingkat dukungan tersebut adalah dukungan Mainstream untuk patch dan perbaikan sistem keamanan, serta Extended untuk memperpanjang dukungan keamanan di Windows 7 bila masa pensiunnya tiba nanti.

"Dukungan Extended akan berlangsung selama lima tahun setelah dukungan utama (Mainstream) dihentikan," jelas pihak Microsoft seperti yang dilansir laman PC Pro, Jumat (11/7/2014).

Sementara untuk urusan penjualan, disebutkan bahwa Microsoft masih akan menjual Windows 7 hingga pertengahan 2015. Setelah itu sistem operasi komputer yang pertama kali dirilis pada akhir tahun 2009 lalu itu akan hilang dari pasaran.

Windows 7 sendiri hadir sebagai produk perbaikan dari sistem operasi Windows Vista yang dianggap gagal. Sistem operasi ini diketahui memiliki berbagai keunggulan seperti proses booting yang lebih cepat dibanding pendahulunya, hemat konsumsi daya, serta antarmuka simpel yang digemari para pengguna.

Dengan begitu maka tak heran jika data milik PC World mencatat bahwa Windows 7 hingga kini masih digunakan oleh 25% pengguna komputer di dunia. Jumlah itu masih dua kali lebih banyak dibanding angka gabungan pengguna Windows 8 dan 8.1 (10,6%).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini