Sukses

Hari H Pencoblosan, Trafik Data Telkomsel Naik 27,59%

Layanan telekomunikasi data melejit saat hari pencoblosan Pilpres karena banyak orang getol berkomunikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Gegap gempita pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 sudah selesai digelar. Pelaksanaan pemungutan suara untuk menentukan presiden baru Republik Indonesia tersebut ikut berdampak pada layanan komunikasi di Tanah Air.

PT Telkomsel mengklaim terjadi lonjakan pada layanan telekomunikasi sepanjang hari pencoblosan pada tanggal 9 Juli 2014. Lonjakan layanan data dengan tingkat kenaikan tertinggi terjadi pada siang hari antara pukul 12:00 hingga 13:00, yakni sebesar 27,59%.

Secara umum, Telkomsel mencatat penggunaan layanan data sebesar 665 TB (terabyte) di tingkat nasional atau setara dengan kenaikan sebesar 17,37 % dibandingkan dengan hari normal. Wilayah Bandung dan sekitarnya meraih porsi kenaikan penggunaan data tertinggi, yaitu 25,93%.

"Berbeda dengan voice dan SMS, di hari pencoblosan terjadi kenaikan yang signifikan pada trafik layanan data, khususnya di siang hari dimana hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat aktif menggunakan internet dan media sosial untuk mencari ataupun bertukar informasi seputar Pilpres," ungkap Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati dalam keterangannya, Kamis (11/7/2014).

Meskipun Pilpres telah selesai, pihak Telkomsel memprediksi lonjakan penggunaan layanan komunikasi masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan. Kenaikan itu terjadi di sisi data, antara 5%-10% dibandingkan hari pencoblosan. Sedangkan untuk layanan SMS dan suara, kenaikan diprediksi mengalami kenaikan sekitar 5%.

Lonjakan trafik komunikasi diakui Telkomsel terjadi sejak 4 Juni lalu di saat masa kampanye Pilpres baru dimulai. Peningkatan trafik di jaringan Telkomsel mulai saat itu layanan data naik sebesar 15%, SMS naik 10% dan layanan suara meningkat 5% di banding hari biasa.

Sedangkan berdasarkan kota, Telkomsel menyebutkan kenaikan trafik komunikasi tertinggi terjadi di wilayah Bandung dan sekitarnya yang naik sekitar 15-25%. Sementara kota Surabaya dan sekitarnya serta Jakarta dan sekitarnya naik antara 10%-20%.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini