Sukses

Ingin Aman Saat Teleponan? Instal Aplikasi Ini

Perbincangan lewat telepon bisa disadap dan membahayakan privasi, bagaimana mengamankannya?

Liputan6.com, Jakarta - Sulitnya mengamankan data pribadi menjadi masalah yang cukup besar dan pelik bagi para pengguna perangkat teknologi dan komunikasi. Banyakya perangkat yang dilahirkan dengan berbagai fitur canggih malah membuat masalah mengamankan data pribadi jadi kian sulit. 

Silent Circle merupakan aplikasi yang lahir untuk membantu para pengguna ponsel untuk bisa mengamankan data pribadinya dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Data pribadi yang bisa diamankan aplikasi ini ialah aktivitas panggilan, pesan maupun kontak agar tak dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab.

Namun, bila ingin mendapatkan manfaat enkripsi yang disediakan dalam aplikasi Silent Circle maka kedua pengguna yang sedang melakukan panggilan harus menginstal aplikasi pengamanan ini. Tadinya, ketentuan itu menjadi sebuah kesulitan bagi banyak orang karena terbatasnya negara yang sudah diamankan Silent Circle.

Kini, masalah itu tak lagi jadi masalah besar karena pihak perusahaan telah memperluas negara cakupannya.  Aplikasi pengenskripsi data ini disebutkan sudah tersedia di 79 negara tanpa biaya roaming.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (11/7/2014), aplikasi ini berfungsi layaknya Skype, Viber atau aplikasi serupa lainnya. Aplikasi ini akan melindungi data panggilan yang sedang berlangsung pada nomor yang didaftarkan dalam 'Out-Circle' meskipun telepon dilakukan ke saluran mobile ataupun telepon rumah.

Untuk bisa menikmati perlindungan yang disediakan aplikasi ini, penggunanya harus berlangganan dengan tarif mulai dari US$ 12,95 atau sekitar Rp 150 ribuan untuk 100 menit panggilan. Harga yang terbilang mahal, tapi bagi orang yang memerlukan jaminan keamanan tentu hal ini bukan masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini