Sukses

Mahasiswa Rancang Robot Pembuat Minuman yang Bisa Terbang

Robot itu diklaim bisa membuat minuman koktail, teh, dan kopi dengan kandungan kalori yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Ukraina - Seorang mahasiswa asal Ukraina bernama Herman Haydin, merancang sebuah robot dengan konsep pesawat tanpa awak (drone) yang dapat membuat minuman layaknya seorang bartender.

Dijuluki Yura, robot itu diklaim bisa membuat minuman koktail, teh, dan kopi dengan kandungan kalori yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Harmin terpilih sebagai salah satu finalis dalam kompetisi Electrolux Design Lab yang digagas oleh Electrolux.

"Konsep utama Yura adalah robot yang bisa membuat koktail atau jus segar untuk Anda," kata Harmin yang dikenal sebagai mahasiswa Kyiv National University of Construction and Architecture, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (12/7/2014).

Sebelum membuat minuman yang diinginkan, Yura terlebih dulu diisi dengan cairan (bahan untuk membuat minuman) dan kemudian ia bisa menuangkannya ke dalam cangkir dengan ukuran yang berbeda: 0,25, 0,33 atau 0,5 liter.

Setelah minuman yang dibuat siap untuk diminum, Yura akan menuangkan dan mengantarkannya (sambil terbang) untuk Anda. Menariknya, temperatur air dan cairan yang tersimpan di dalamnya dapat dikontrol dengan mudah sehingga bisa dipanaskan atau didinginkan sesuai kebutuhan.

Sebuah indokator yang tertanam di sisi robot akan menunjukkan isi cairan dan juga suhu cairan yang ada di dalamnya. Selain itu Yura juga bisa merespon perintah suara serta memberitahu jumlah kalori, karbohidrat, lemak, dan protein yang terkandung dalam minuman.

Satu lagi yang menarik adalah robot ini mampu mengisi dayanya sendiri menggunakan teknologi akumulator. "Akumulator adalah sistem kinetik yang menggunakan energi kinetik dari droid. Yura bekerja seperti jam tangan mewah," klaim Harmin.

Namun sayang, robot ini masih berupa konsep dan belum diketahui apakah akan menjadi unit produksi atau tidak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini