Sukses

Bos Yahoo Terjerat Pelecehan Seksual Sesama Jenis

Liputan6.com, California - Salah satu petinggi eksekutif Yahoo yang diketahui seorang wanita digugat oleh bawahannya yang juga seorang wanita karena telah memaksanya untuk berhubungan seksual.

Bos wanita bernama Maria Zhang yang merupakan direktur senior teknik di Yahoo Mobile itu digugat oleh Nan Shi yang bekerja sebagai insinyur perangkat lunak utama di Yahoo.

Shi mengatakan akan dipecat oleh Zhang jika ia tidak mau melakukan hubungan seks sesama jenis dengannya. Kasus ini terungkap ketika Pengadilan Santa Clara di San Jose, California menerima laporan kasus pelecehan seksual pada tanggal 8 Juli 2014.

Laporan tersebut menuliskan bahwa Zhang memaksa Shi untuk melakukan oral seks dan digital sex pada beberapa kesempatan di Sunnyvale, California dan mengatakan bahwa Shi akan memiliki "masa depan yang cerah" di Yahoo jika ia mau berhubungan seks dengannya.

Dilaporkan San Jose Mercury News, jika Shi tidak mau berhubungan seksual, Zhang akan memecatnya, mengambil saham, dan merenggut masa depannya. Dalam kasus ini wanita kelahiran Beijing itu meminta ganti rugi dan juga menggugat Yahoo.

"Tuduhan itu sama sekali tidak ada dasar atau kebenaran. Maria Zhang adalah seorang eksekutif Yahoo teladan dan kami akan berjuang keras untuk membersihkan namanya," kata seorang juru bicara Yahoo dalam sebuah email, seperti dikutip dari Telegraph, Senin (14/7/2014).

Sebelum bekerja di Yahoo, Zhang mendirikan perusahaan ponsel sendiri dengan nama Alike, yang kemudian diakuisi Yahoo pada tahun 2013. Sebelumnya ia juga pernah bekerja di Microsoft dan Zillow.

Sementara Zhi bergabung dengan Yahoo sejak bulan Pebruari 2013. Akibat tuduhannya terhadap Zhang, ia dikenakan sanksi cuti tidak dibayar dan akhirnya diberhentikan dari posisinya di perusahaan.