Sukses

Siap-siap Hadapi Mudik, Kominfo Gelar Apel Siaga

Menkominfo Tifatul Sembiring melepas rombongan yang akan melakukan drive test kualitas layanan komunikasi untuk menghadapi lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan sudah memasuki minggu ketiga. Menjelang minggu terakhir Ramadan, berbagai pihak sibuk berbenah untuk mempersiapkan diri menghadapi momentum mudik lebaran yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahun, termasuk para penyedia layanan telekomunikasi.

Untuk memastikan kualitas layanan telekomunikasi siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi saat mudik dan Idul Fitri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Apel Siaga dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Tifatul Sembiring yang memimpin langsung acara Apel Siaga melepas rombongan yang akan melakukan drive test kualitas layanan komunikasi. Rombongan yang akan menjajal kualitas komunikasi di jalur mudik itu dipimpin oleh BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia).

"Semua operator telekomunikasi ikut drive test. Kita harap tidak ada gangguan komunikasi selama musim mudik nanti, masing-masing operator punya cara sendiri mengantisipasi gangguan dan menjaga kualitas layanannya," kata Tifatul di kantor Kominfo, Selasa (15/7/2014).

Rombongan drive test tersebut akan mengecek jaringan di lokasi paling padat pemudik seperti Merak dan Bakauheuni, Cirebon, Tasikmalaya serta Semarang ke arah Solo dan terus menuju Surabaya. Selain menggunakan mobil, uji jaringan juga dilakukan di atas kereta arah Surabaya.

Penyedia layanan komunikasi yang ikut Apel Siaga 2014 antara lain Telkom, Telkomsel, Indosat, XL, Bakrie Telecom, Sampoerna Telekomunikasi, Smart Telecom, Smartfren dan 3 Hutchison. Ada pula komunitas seperi ORARI, RAPI dan Senkom Mitra Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.