Sukses

Sebelum Memotret, Fotografer Ini Cium Modelnya Lebih Dulu

Liputan6.com, Chicago - Ada yang unik dari seni fotografi yang satu ini, dimana sang fotografer mengambil konsep foto wajah yang berbeda dari yang lain. Apa yang dilakukan oleh fotografer bernama Jedediah Johnson ini adalah dengan menggunakan lipstik sebagai salah satu propertinya.

Tiga tahun belakangan ini Johnson kerap membuat karya fotografi dengan menggunakan lipstik merah, bercumbu dengan para model yang difotonya, dan kemudian mengambil foto sang model dengan jejak lipstik yang menempel di mulutnya.

Karyanya kali ini bertajuk `The Makeout Project`, yang bertujuan untuk mengubah praduga tentang berciuman. Dalam budaya Amerika, Johnson mengatakan, ciuman tidak terlepas dari seks dan keintiman. Dalam banyak budaya lain, ciuman memiliki arti yang berbeda.

Pada awal proyek, Johnson hanya melibatkan teman-temannya dan mencium mereka secara diam-diam. Tujuannya adalah untuk memperoleh ekspresi spontanitas yang tidak bisa diperoleh jika meminta izin terlebih dahulu.

Kemudian banyak para pengguna media sosial yang meminta untuk dipotret olehnya. Tahun ini, Johnson akan menjalankan proyek `The Great Midwestern Makeout Tour`dengan melakukan perjalanan ke Chicago, Detroit, Cincinnati, dan Indianapolis.

Mengutip laman Business Insider, Rabu (16/7/2014), saat ini ia berencana melakukan perjalanan ke Toronto pada bulan Agustus 2014 untuk melakukan ke beberapa subyek yang lebih potensial.

Penasaran dengan hasil karya fotografi Johnson lainnya? Silahkan lihat di slide berikutnya.

1 dari 6 halaman

NEXT

"Ini seperti rollercoaster. Bagian terburuk adalah antisipasi," kata Johnson.

Selanjutnya>>

2 dari 6 halaman

NEXT

Johnson mengambil foto ini di Famous Neons Unplugged, sebuah bar di Cincinnati, Ohio. Foto ini juga diambil pada tur Johnson baru-baru ini.

Selanjutnya>>

3 dari 6 halaman

NEXT

Tak hanya memotret orang dewasa, Johnson juga memotret wajah bayi yang polos.

Selanjutnya>>

4 dari 6 halaman

NEXT

Setelah mendapat reaksi negatif karena tidak meminta izin saat ingin memotret subyek yang diincarnya, akhirnya Johnson memutuskan membuat janji dengan orang-orang yang ingin dipotretnya.

Selanjutnya>>

5 dari 6 halaman

NEXT

Inilah wajah dari sang fotografer yang fenomenal, Jedediah Johnson.