Sukses

Microsoft Akan Gelar PHK Besar-besaran

Jika langkah pemecatan ini benar akan terjadi, ini akan menjadi PHK terbesar yang pernah dilakukan Microsoft sejak tahun 2009.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca mengakuisisi divisi handset Nokia, Microsoft disinyalir akan melakukan PHK secara besar-besaran. Ribuan karyawan, menurut laporan dari Bloomberg, kabarnya akan diberhentikan dari perusahaan raksasa teknologi itu.

PHK tersebut kabarnya akan diumumkan Microsoft bulan ini. Jika langkah pemecatan ini benar akan terjadi, ini akan menjadi PHK terbesar yang pernah dilakukan Microsoft sejak tahun 2009.

Posisi kerja yang akan dipangkas sebagian besar akan menimpa divisi-divisi yang overlap dengan unit bisnis handset Nokia. Karyawan markerting di divisi Xbox kemungkinan juga akan menjadi target PHK, termasuk tim penguji software.

Kabar PHK ini muncul beberapa hari setelah CEO Microsoft Satya Nadella mengeluarkan surat memo panjang kepada para karyawan. Dalam suratnya itu Nadella memang tidak secara gamblang membicarakan PHK, ia hanya menyinggung soal "perubahan engineering dan organisasi". 

"Organisasi akan berubah. Merger dan akuisisi akan terjadi. Tanggung jawab pekerjaan akan berkembang. Kemitraan baru akan terbentuk. Prioritas kita akan disesuaikan. Keterampilan baru akan dibangun. Ide-ide baru akan didengar. Karyawan baru akan direkrut. Proses akan disederhanakan. Dan jika Anda ingin berkembang di Microsoft dan membuat dampak pada dunia, Anda dan tim Anda harus melakukan banyak perubahan," tulis Nadella dalam memo kepada karyawan.

Seperti diketahui, pasca mengakuisisi Nokia, karyawan Microsoft jadi bertambah 30.000. Jumlah karyawan Microsoft kini membengkak menjadi 127.104 orang, lebih besar dari Apple dan Google. Microsoft mengakusisi Nokia dengan nilai kesepakatan US$ 7,2 milyar.

Sebelumnya pada tahun 2009, Microsoft pernah memangkas sekitar 5.800 orang karyawannya, itu adalah PHK terbesar yang pernah dilakukan Microsoft sampai saat ini.

Jika PHK yang akan dilakukan dalam waktu dekat bakal melampaui jumlah PHK tahun 2009, itu berarti ini akan menjadi PHK terbesar dalam sejarah perusahaan Microsoft.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.