Sukses

BlackBerry Assistant, Pesaing Baru Siri & Cortana

BlackBerry mengungkapkan sejumlah informasi mengenai asisten virtual suara, yang dipastikan akan tersedia di smartphone Passport tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry Assistant semakin memeriahkan klub asisten digital. BlackBerry pada Rabu (16/7) mengungkapkan sejumlah informasi mengenai asisten virtual suara, yang dipastikan akan tersedia di smartphone Passport tersebut.

Dilansir The Verge, Jumat (18/7/2014), BlackBerry Assistant adalah bagian dari sistem operasi (OS) BlackBerry 10.3. Sistem ini menawarkan banyak fungsi yang sama dengan asisten virtual pada platform lain. Pengguna bisa menggunakan BlackBerry Assistant untuk melakukan pencarian email, internet, dan jejaring sosial.

Semua fungsi itu bisa dikontrol dengan suara pengguna. "Anda akan kaget dengan seberapa akurat BlackBerry Assistant mengenali permintaan Anda," jelas BlackBerry.

BlackBerry pun menjelaskan beberapa contoh fungsi asisten virtual tersebut. Misalnya, mematikan dan menghidupkan aplikasi flashlight pada perangkat hanya dengan perintah suara. Selain itu, dengan sistem ini pengguna bisa meminta agar email baru dibacakan dan ditandai sebagai 'unread' tanpa harus menggunakan keyboard.

Semakin sering digunakan, maka sistem ini akan menjadi semakin baik. Hal ini sama seperti janji Microsoft dengan asisten virtual Cortana di Windows Phone.

Namun belum diketahui apakah BlackBerry Assistant akan memiliki kepribadian seperti Siri dan Cortana, atau lebih ke robotik seperti Google Now. Perusahaan asal Kanada ini juga belum mengungkapkan secara rinci kemampuan BlackBerry Assistant.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.