Sukses

NeoFace, Fitur Pengenal Wajah Untuk Ringkus Teroris

Teknologi pengenal wajah ini diklaim dapat mengidentifikasi wajah seseorang hanya dalam hitungan detik.

Liputan6.com, Inggris - Kesatuan Polisi di Leicestershire, Inggris kemungkinan akan menjadi satuan polisi pertama yang akan menggunakan teknologi pengenal wajah atau face recognition yang diklaim dapat mengidentifikasi wajah seseorang hanya dalam hitungan detik.

Dijuluki NeoFace, teknologi besutan NEC IT Solutions ini dapat mengidentifikasi wajah seseorang, dalam hal ini pelaku kriminal atau teroris, yang diambil dari seluruh kamera CCTV yang tersebar di beberapa wilayah di Inggris.

Mengutip laman The Next Web, Sabtu (19/7/2014), saat ini kepolisian Leicestershire dilaporkan sudah memiliki data sebanyak 90.000 foto. Dengan bantuan NeoFace, mereka akan dengan mudah dan cepat untuk mengidentifikasi wajah seseorang yang ada di database.

Pihak kepolisian Leicestershire mengatakan akan mempertimbangkan penggunaan NeoFace untuk evaluasi selama beberapa bulan. Dalam proses uji coba, teknologi NeoFace sudah berhasil mengidentifikasi sebanyak 200 orang yang tercacat sebagai pelaku kriminal.

NeoFace diharapkan bisa menjadi bagian untuk mencegah kejahatan atau teroris karena kemampuannya dalam mengidentifikasi wajah seseorang dengan cepat ketika berada di suatu tempat. Namun tentunya teknologi ini bisa diterapkan secara optimal, bila kesatuan polisi memiliki database yang lengkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.