Sukses

Malaysia Airlines MH17 Kuasai Trending Topic Twitter

Di Twitter, sebagian besar trending topic Twitter hari ini didominasi oleh topik terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali menyelimuti dunia. Pesawat komersial Malaysia Airlines nomor MH17 tujuan Amsterdan-Kualalumpur dikabarkan jatuh di wilayah perbatasan Rusia-Ukraina, kemarin siang waktu setempat.

Pesawat jenis Boeing 777-200ER ini diduga ditembak menggunakan rudal. Pesawat nahas tersebut diperkirakan mengangkut 280 penumpang beserta 15 awak pesawat.

Tak pelak, kabar ini langsung merebak ke berbagai penjuru dunia melalui internet. Di situs jejaring sosial Twitter, sebagian besar trending topic Twitter hari ini didominasi oleh topik terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines ini.

Menurut pantauan kami, Jumat (18/7/2014), tagar (hashtag) #MH17 menduduki peringkat tiga trending topic dunia. Di Twitter Indonesia, tagar #MH17 justru menduduki peringkat nomor 1 daftar trending topic, disusul oleh #PrayForMH17 di urutan 2 dan Malaysia Airlines di peringkat 6.



Warga Twitter ada yang menyampaikan perasaan dukanya kepada para keluarga korban yang keluarganya berada dalam pesawat tersebut. Ada pula yang me-retweet berita-berita seputar MH17.

"Innalillah wa inna illahi rojiun.. All that's left to say is heartfelt prayers and condolences to those who have passed on #MH17," tulis Saleha Rahman melalui akun Twitter ‏@Siti_Saleha.

"Deep condolences and prayers to families of victims #MH17 particularly beloved Indonesians," kata Jaya Setiawan Gulo via akun ‏@jayagulo.

"Mari kita berdoa sejenak utk korban #MH17 Pesawat Malaysia yg ditembak oleh separatis Ukraina tadi malam. 11 orang Indonesia Meninggal," posting akun ‏@INDONESIAinLOVE beberapa menit lalu.

Di posisi 8 daftar trending topic, kata Ukraina juga masuk dalam topik yang banyak dibicarakan di dunia Twitter. Tentu saja, ini karena nama negara Ukraina banyak disebut-sebut oleh warga Twitter pasca jatuhnya pesawat tersebut di perbatasan Rusia-Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini