Sukses

Lenovo Kokoh Kuasai Pasar PC Dunia

Menurut data IDC dan Gartner, Lenovo sukses menjadi perodusen PC nomor 1 dunia selama 4 kuartal terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Meski kini turut meramaikan pasar perangkat mobile dunia, namun Lenovo masih menjadikan lini bisnis PC sebagai prioritas utama. Keunggulan Lenovo di pasar PC global pun kembali disahkan oleh data yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC) dan lembaga riset Gartner.

Menurut data IDC dan Gartner, Lenovo sukses menjadi perodusen PC nomor 1 dunia selama 4 kuartal terakhir. IDC mengungkapkan bahwa Lenovo mendominasi pangsa pasar global sebesar 19,6% di triwulan kedua 2014, naik 16,7% dibandingkan periode yang sama di tahun 2013 kemarin. Sementara menurut Gartner, Lenovo memiliki 19,2% pangsa pasar PC dunia di kuarta kedua 2014.

"Laporan dari IDC dan Gartner menunjukkan bahwa strategi produk Lenovo sudah tepat dan bisa diterima oleh berbagai segmen konsumen," papar Rajesh Thadani, Country General Manager Indonesia di Jakarta.

Sedikit berbeda dengan kondisi pasar PC global, di Indonesia Lenovo hanya mampu menempati posisi ketiga di segmen PC. Menurut data yang dilaporkan IDC, saat ini pasar PC Tanah Air masih dikuasai oleh Acer dengan menguasai 28,9% pangsa pasar.

Sementara di posisi kedua menyusul Asus dengan pangsa pasar sebesar 25,2%. Sementara Lenovo di posisi ketiga memiliki 15,29% pangsa pasar.

Pasar PC sendiri belakangan diprediksi akan segera mati oleh banyak analis di dunia. Meski begitu, posisi PC di pasar Indonesia masih cukup kuat, bahkan diprediksi masih akan terus bertumbuh hingga beberapa tahun ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.