Sukses

Facebook Perkenalkan Tombol Buy Untuk Aktivitas Jual-Beli

Facebook saat ini sedang menguji sebuah fitur baru yang akan mempermudah pengguna melakukan transaksi online.

Liputan6.com, Jakarta Facebook saat ini sedang menguji sebuah fitur baru untuk iklan. Melalui fitur ini, pengguna bisa membeli secara langsung barang yang mereka lihat di iklan yang ada di News Feed.

Facebook berharap upaya baru ini tidak hanya bisa membantu penjual, tapi juga mempermudah pengguna dalam menemukan produk yang mereka suka dan membelinya. Proses yang sederhana, kata Facebook, akan membuat aktivitas jual-beli menjadi lebih menyenangkan.

Ketimbang mengarahkan pengguna ke website penjual, Facebook ingin proses pembelian tetap berada di jaringannya. Ketika pengguna menekan tombol 'buy', akan ada pihak ketiga yang mengurus pembayaran. Fitur ini sedang diuji coba oleh sejumlah pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Amerika Serikat (AS).

Raksasa jejaring sosial ini juga menjamin privasi dan keamanan transaksi pembayaran pengguna. "Facebook tidak akan memberikan informasi kartu debit dan kredit dengan pengiklan. Orang-orang bisa memilih, apakah mereka ingin menyimpan informasi pembayaran untuk pembelian selanjutnya," jelas Facebook di blog perusahaan, seperti dilansir Cnet, Jumat (18/7/2014).

Fitur baru ini hadir di tengah melonjaknya penggunaan media sosial untuk berbelanja online. Sebelumnya, tombol 'buy' juga tampak muncul di Twitter pada Juni 2014 dan Amazon meluncurkan fitur berbelanja melalui tweet pada Mei 2014.

Bagi Facebook sendiri, kehadiran fitur ini lebih berkaitan dengan pengiklan. Perusahaan mengatakan tidak ada persyaratan bagi hasil karena website-nya hanya sebagai saluran transaksi antara konsumen dan peritel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini