Sukses

Tablet Asus Berhasil Kudeta iPad Apple

Lama berkuasa di pasar Jepang, tablet Apple iPad akhirnya harus rela dikudeta oleh tablet Asus.

Liputan6.com, Jepang - iPad sukses menjadi kiblat perangkat komputer tablet dunia yang beredar di pasar gadget. Perangkat tablet buatan Apple Inc. itu sukses menjadi pionir di pasar tablet dunia sejak pertama kali diperkenalkan di hadapan publik pada bulan Januari tahun 2010.

iPad berhasil merajai pasar tablet dunia dengan mendominasi pasar yang secara tak langsung dibuat perusahaan asal Cupertino, California itu. Hampir di semua pasar tablet dunia Apple berkuasa melalui iPad dari generasi ke generasi.

Namun, di Jepang dominasi iPad sudah mulai melemah. Produk buatan perusahaan Amerika Serikat tersebut karena sudah ada produk yang berhasil menggeser Apple dari posisi pertama penjual tablet terbanyak di Negeri Matahari Terbit.

Hal itu diketahui dari laporan yang diungkap lembaga riset BCN yang menyebutkan tablet buatan Asus berhasil mengalahkan penjualan iPad di tengah tahun pertama 2014. Prestasi baru yang berhasil diraih Asus itu sekaligus berakhirnya kekuasaan iPad di Jepang.

Dikutip dari laman 9to5mac, laporan tersebut mengungkap pangsa pasar ASUS mengalami pertumbuhan sebesar 8% dari tahun ke tahun menjadi total 38,9%. Jumlah itu berhasil menjungkalkan Apple yang menguasai pangsa pasar 36,4% dan mendapuk perusahaan asal Taiwan itu jadi nomor satu di Negeri Sakur.

Harga yang murah membuat produk milik Asus lebih disukai ketimbang komputer tablet populer buatan Apple. Misalnya saja Nexus 7 dan MeMo Pad yang dipasarkan dengan harga 20.000 Yen bersaing melawan iPad yang dibanderol dua kali lipatnya atau 40.000 Yen.

Kehadiran tablet berbasis Windows milik Asus juga membantu perusahaan itu mendongkrak penjualan tablet miliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.