Sukses

Telkomsel Pasang 19 BTS di Sail Raja Ampat

Demi melancarkan acara Sail Raja Ampat bulan Agustus mendatang, Telkomsel siapkan tambahan BTS di sekitar lokasi

Liputan6.com, Jayapura - PT Telkomsel menambah sejumlah Base Transceiver Station (BTS) untuk mendukung kenyamanan para pelanggannya saat berada dalam pagelaran Sail Raja Ampat, yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pertengahan Agustus mendatang.

Perusahaan yang mengaku paling Indonesia ini mengklaim kapasitas BTS yang dihadirkan di Raja Ampat telah menggunakan 3G  (Third Generation Technology) dan diikuti dengan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA).

"Sebelumnya hanya ada 2 BTS didaerah itu dan dilakukan penambahan menjadi 5 BTS di Raja Ampat. Penambahan  BTS juga dilakukan di Kota Sorong," kata Vice President  ICT Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka), Ali Imran.

Pemasangan BTS saat ini sudah on-air, sebab telah dilakukan sejak Juni lalu. Telkomsel juga mengaku BTS yang telah on-air akan tetap dipasang di kawasan tersebut, walaupun kegiatan telah usai.

Telkomsel mengaku sebanyak 3,5 juta pelanggan di Papua, baru 20% yang menggunakan fasilitas internet. Untuk menunjang pengguna internet, pihaknya mengklaim telah ada 10 kabupaten telah dilengkapi dengan 3G dan HSDPA, diantaranya Manokwari, Biak Numfor, Sorong, Raja Ampat, Timika, Nabire, Puncak Jaya, Jayawijaya, Merauke dan Kota Jayapura.

Pihaknya berharap memberikan output sebesar 500 kilobytes (Kbps) hingga 1 megabytes per second (Mbps). Untuk download atau mengambil data dari dunia maya (internet) kurang lebih sebesar 70 persen, sedangkan untuk upload file, pihaknya memberikan kurang lebih 30 persen.

"Kalau 1 Mbps, uploadnya sekitar 300 Kbps sisanya untuk men-download. Tapi di beberapa spot kalau jaringan tidak sibuk, kecepatan dapat mencapai hingga 5 Mbps. Sekarang banyak gunakan upload, jadi kedepan kami akan tingkatkan itu," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini