Sukses

Pantau Lalu Lintas Pesawat di Langit dengan Flightradar24

Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau lalu lintas udara dan melacak pergerakan semua pesawat di seluruh dunia secara real-time.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini Anda mungkin tidak bisa memantau pergerakan pesawat dan jalur mana saja yang dilewatinya saat berada di udara. Namun dengan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui kondisi lalu lintas udara bak seorang pilot atau petugas ATC (Air Traffic Control).

Salah satunya adalah Flightradar24 (www.flightradar24.com). Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau lalu lintas udara dan melacak posisi serta pergerakan semua pesawat di seluruh dunia secara real-time.

Anda bahkan bisa melihat rutenya, kecepatan dan ketinggian dari setiap pesawat yang sedang terbang. Perkiraan waktu kedatangan juga bisa dipantau. 

Flightradar24 menghimpun data-data pesawat tersebut dari FAA dan sistem Automatic Dependent Surveillance-bBoadcast (ADS-B), untuk kemudian dibuatkan visualnya agar orang banyak dapat menggunakannya. Sedangkan lokasi pesawat diketahui dari sumber navigasi GPS (satelit).  

Posisi pesawat secara real time ditandai dengan warna kuning, sedangkan pesawat berwarna oranye informasinya di-update setiap 5 menit. Jika salah satu pesawat diklik, maka akan muncul data info penerbangan lengkap dengan nomor maskapai, rute, altitude, kecepatan, hingga posisi Latitude dan Longitude.

Aplikasi ini juga memiliki fitur augmented reality dimana pengguna bisa merasakan suasana di kokpit layaknya pilot. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat berbasis iOS, Android, Windows Phone, Windows 8, Mac dan Amazon, dengan harga US$ 2,99.

Selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tragedi pesawat MH17

Tragedi pesawat Malaysia Airline MH17

Aplikasi Flightradar24 melacak bahwa pesawat Malaysia Airline dengan nomor penerbangan MH17 yang jatuh di Ukraina hilang kontak saat pesawat itu terbang di ketinggian 33.000 kaki.

Pesawat MH17 kabarnya jatuh karena ditembak rudal di dekat Donetsk, dekat perbatasan antara Ukraina dengan Rusia. Sejumlah maskapai penerbangan tampak menghindari wilayah berbahaya itu, ini terlihat dari tidak adanya pesawat yang melintasi area itu.

Aplikasi pelacak penerbangan seperti Flightradar24, FlightTrack dan Flight Aware belakangan ini menjadi aplikasi populer yang banyak digunakan, karena dapat memberikan informasi penerbangan secara real time kepada pengguna melalui smartphone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.