Sukses

Sambangi Tiongkok, Microsoft Ubah Nama Cortana

Liputan6.com, Tiongkok - Seiring dengan mulai dirilisnya sistem operasi Windows Phone 8.1 secara global, Microsoft dilaporkan telah menyiapkan acara khusus perilisan fitur Cortana di Tiongkok.

Menurut undangan acara yang telah tersebar ke sejumlah jurnalis setempat, acara perkenalan fitur asisten pribadi digital bagi para pengguna di negeri Tirai Bambu itu akan berlangsung pada 30 Juli 2014.

Namun menurut yang dilansir laman Ubergizmo, Kamis (24/7/2014), Microsoft mempersiapkan strategi tersendiri dalam mempromosikan Cortana di Tiongkok. Salah satu caranya adalah dengan mengubah nama Cortana dengan nama khas Tiongkok agar lebih akrab bagi pengguna. Nama yang akan diusung kabarnya adalah 'Huna'.

Tak dijelaskan lebih lanjut kenapa nama 'Huna' dipilih menjadi nama baru Cortana di wilayah Tiongkok. Namun yang pasti, kata 'Huna' atau 'Hun a' sendiri dalam bahasa Tiongkok berarti 'Campuran' atau bermakna 'kombinasi'. Mungkin nama tersebut dipilih guna mendeskripsikan beragam kemampuan yang memang mampu diaplikasikan oleh Cortana.

Cortana sendiri diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dari dua pesaingnya, Siri dan Google Now. Aplikasi yang diluncurkan bersamaan dengan update Windows Phone 8.1 ini memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi yang ditenagai mesin pencari Bing sehingga mampu melakukan interaksi dan mempelajari penggunanya secara pribadi.

Fungsinya pun cukup beragam. Di samping membuat panggilan telepon dan menulis SMS, Cortana dapat diminta untuk melakukan beberapa hal seperti membuat reminder, jadwal pertemuan, alarm, memberi informasi cuaca, hingga menunjukkan hasil pertandingan olahraga.



Khusus di bidang olahraga, Cortana belum lama ini bahkan menjadi sensasi baru dunia setelah 100% tepat memprediksi sejumlah pertandingan di ajang Piala Dunia 2014 yang baru saja berakhir.

Cortana berhasil secara akurat meramalkan 15 dari 16 pertandingan di sistem gugur (Corana tidak memprediksi pertandingan perebutan juara ketiga antara Belanda vs Brasil) hingga Jerman keluar sebagai juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.