Sukses

Pakai Lagu Tanpa Izin di YouTube, Seleb Cantik Ini Dituntut

Liputan6.com, California - Bagi Anda para YouTubers, khususnya wanita, pasti sudah tak asing lagi dengan nama Michelle Phan. Ya, Phan adalah seorang 'selebriti' YouTube yang populer berkat video-video tutorial make up miliknya.

Namun ternyata kesuksesan Phan di situs berbagai video milik Google itu kini harus membawanya berurusan dengan meja hijau.

Dilaporkan laman Forbes, Kamis (24/7/2014), label musik Ultra Records yang memayungi sejumlah artis ternama -- khususnya musisi bergenre dance -- seperti Kaskade, DJ deadmau5, dan Calvin Harris, menuntut Phan karena menggunakan 50 lagu milik artis mereka di video-video tutorialnya tanpa izin.

Tak tanggung-tanggung, Ultra Records menuntut ganti rugi sebesar US$ 150 ribu atau sekitar Rp 173 juta per lagu yang hak cipta dan penggunaannya dilanggar Phan.



Meski demikian, tindakan Ultra Records justru ditentang oleh salah satu artis mereka sendiri, yakni Kaskade. Melalui akun Twitter resminya, @kaskade berkicau: "Hak cipta adalah dinosaurus, sangat tidak cocok untuk kondisi industri hiburan saat ini."

Apa yang diungkapkan Kaskade memang ada benarnya. Pasalnya bila ditilik lebih lanjut, menggunakan sebuah latar belakang musik tertentu pada video yang diunggah di YouTube sudah lumrah dilakukan, bukan oleh Phan saja.

Bahkan banyak pula pengguna YouTube yang secara bebas menggubah ulang (cover) lagu-lagu tertentu dan videonya dilihat oleh banyak orang.

Menanggapi kicauan Kaskade, Phan dengan akun Twitter @michellephan pun membalas dengan mengucapkan rasa terima kasihnya dengan menulis: "Musik Anda telah menginspirasi bukan untuk saya saja, tapi jutaan followers saya untuk dapat terus menari dan bermimpi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini