Sukses

Cara Pilih Power Bank yang Tepat Untuk Smartphone

Banyaknya produk power bank yang beredar di pasaran, membuat konsumen bingung untuk memilih mana produk yang bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Tak peduli seberapa pintar smartphone Anda, jika baterainya habis tak akan ada gunanya. Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, tentunya kapasitas baterai smartphone yang besar sangat dibutuhkan guna mendukung aktivitas Anda sehari-hari.

Namun, hingga kini belum ada smartphone yang memiliki baterai tahan lama. Maka tak heran jika sebagian besar orang banyak menggunakan power bank sebagai perangkat pengisi baterai portabel yang bisa mengisi baterai kapan dan dimana saja.

Pun demikian, banyaknya produk power bank yang beredar di pasaran, membuat konsumen bingung untuk memilih mana produk yang bagus. Berikut beberapa cara pintar untuk memilih power bank yang tepat untuk smartphone Anda.

Selanjutnya>> 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEXT

Perhatikan Ukuran Baterai

Pertama dan terpenting, Anda perlu tahu tentang ukuran baterai dan spesifikasi charger dari smartphone Anda. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat tulisan yang terdapat pada baterai dan pengisi daya atau pada kemasan smartphone.

Kemudian, power bank yang akan Anda beli setidaknya harus memiliki ukuran yang sama dengan baterai perangkat Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa baterai Anda akan terisi penuh dalam sekali pengisian.

Namun, jika smartphone Anda sering kehabisan baterai, Anda bisa menggunakan power bank dengan kapasitas besar sehingga Anda memiliki daya yang cukup untuk keadaan darurat.

Selanjutnya>>

3 dari 4 halaman

NEXT

Perhatikan Tegangan Output

Selanjutnya, perhatikan tegangan output pada smartphone. Tegangan output yang keluar dari power bank harus sama dengan atau lebih tinggi dari perangkat Anda.

Lalu carilah power bank yang dilengkapi kabel port yang lebih dari satu. Ini akan membantu Anda mengisi lebih dari satu perangkat dalam waktu bersamaan sehingga tentunya akan menghemat waktu Anda.

Selanjutnya>>

4 dari 4 halaman

NEXT

Perhatikan Keamanan

Untuk memastikan keamanan, pilihlah power bank yang mempunyai fitur power-cut power (dapat memotong arus). Dalam hal ini arus pendek yang bisa mengakibatkan baterai terbakar atau meledak.

Selanjutnya, pilihlah power bank yang memiliki fitur Auto-cut untuk mencegah overcharged. Fitur ini memungkinkan power bank menghentikan pengisian secara otomatis jika baterai smartphone terisi penuh.

Yang terakhir, belilah power bank dengan merek terpercaya. Hal ini membuat Anda terhindar dari praktik penipuan, di mana merek yang kurang terkenal biasanya memiliki kapasitas baterai yang tidak sesuai dengan yang tertulis pada kemasan.

Meskipun power bank yang mempunyai merek ternama harganya lumayan mahal, tapi setidaknya setimpal dengan kualitas yang dimiliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini