Sukses

Ini Dia 5 Produk Gagal Besutan Apple

Liputan6.com, Jakarta - iPod, iPhone, iPad, dan komputer Mac adalah rangakaian produk besutan Apple yang sukses di pasaran. Tak sekedar karena kecanggigan teknologinya saja, produk-produk Apple juga dikenal memiliki detail desain yang sangat mengagumkan. Maka tak salah jika Apple disebut sebagai salah satu produsen perangkat teknologi terbaik di dunia.

Namun tahukah Anda jika sebenarnya perusahaan yang didirikan oleh duet Steve Jobs dan Steve Wozniak itu juga memilik sederet produk gagal?

Mungkin belum banyak yang tahu, namun nyatanya Apple memang pernah merilis produk 'cacat'. Bagi Anda yang penasaran, laman Business Insider telah merangkum 5 produk gagal Apple yang tenggelam di pasaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apple Hockey Puck

1. Apple Hockey Puck

Tahukah Anda Apple pernah merilis sebuah mouse? Ya, mouse milik Apple itu bernama Hockey Puck dan dirilis pada tahun 1998. Namun sayang, sejak pertama kali dirilis, mouse ini mendapat julukan 'mouse paling tidak nyaman yang pernah ada'.

Produk yang dicitakan sebagai aksesoris di komputer Mac ini dinilai berdimensi terlalu kecil dan sulit untuk dioperasikan. Hanya dalam waktu singkat mouse ini ditarik dari pasaran dan digantikan dengan Apple Mouse Pro yang jauh lebih nyaman.

3 dari 6 halaman

Apple The Pippin

2. Apple The Pippin

Belakangan Apple sempat beberapa kali diisukan bakal merambah industri game. Sebenarnya Apple sudah pernah bermain di industri game. Dan hasilnya gagal total.

Di tahun 1997 Apple pernah meluncurkan konsol game bernama The Pippin. Sayangnya konsol milik Apple ini hanya muncul sebentar. Selain jumlah permainan yang didukung hanya sedikit, produk ini juga gagal bersaing dengan PlayStation and Nintendo 64. Diketahui konsol ini hanya terjual sebanyak 42 ribu unit.

4 dari 6 halaman

Apple Newton PDA

3. Apple Newton PDA

Perangkat ini memang belum sempat diluncurkan karena Jobs menghentikan pengembangannya pada tahun 1998. Padahal perangkat personal digital assistant (PDA) ini sudah dirintis penciptaannya sejak era 80-an oleh Apple.

Prototipenya sendiri sempat dirilis pada publik. Namun sayang, dari jutaan unit yang tersedia, tercatat hanya 50 ribu unit Newton PDA yang terjual.

5 dari 6 halaman

Apple QuickTake

4. Apple QuickTake

Appl pun pernah mencoba peruntungan di bisnis fotografi. Mencoba menyaingi Nikon, Canon, Fuji dan Minolta, Apple QuickTake merupakan produk kamera digital pertama Apple yang diluncurkan pada tahun 1994.

Produk ini gagal di pasaran karena hasil pemotretannya yang yang buruk dan resolusi yang kasar. Apple pun menghentikan produksinya setelah tiga tahun diluncurkan.

6 dari 6 halaman

Apple ROKKR E1

5. Apple ROKKR E1

Apa ponsel pertama dari Apple? iPhone adalah jawaban yang salah. Apple sebenarnya di tahun 2005 sudah berkerjasama dengan Motorola untuk meluncurkan ponsel ROKR E1.

Secara keseluruhan sebenarnya tidak ada yang salah dengan fungsi ponsel ini. Akan tetapi Apple melakukan blunder dengan promosi sesumbar bahwa ponsel ini memiliki kemampuan sebagai pemutar musik yang cukup mumpuni. Padahal tidak begitu adanya.

Bayangkan saja, produk ini hanya mampu menyimpan 100 lagu dan proses transfernya pun sangat lambat. Tidak hanya itu, Apple juga dikritik karena tidak memperkenankan pengguna melakukan pengunduhan melalui jaringan seluler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini