Sukses

Swatch Bantah Terlibat dalam Smartwatch Apple

Pihak Swatch dengan tegas membantah terlibat dalam pembuatan smartwatch milik Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian rumor mengenai smartwatch Apple terus mengalir. Salah satunya adalah Apple bekerjasama dengan produsen jam asal Swiss, Swatch, untuk merilis lini smartwatch dalam berbagai model dan harga.

Beberapa hari setelah pemberitaan itu beredar, pihak Swatch akhirnya memberikan komentar. Perusahaan dengan tegas membantah rumor tersebut.

"Swatch tidak bekerjasama dengan Apple untuk mengerjakan smartwatch," jelas perusahaan dalam pernyataan resmi, seperti dilansir Business Insider, Sabtu (2/8/2014).

Kendati demikian, Swatch ternyata menjadi 'penasehat' Apple dalam beberapa hal. CEO Swatch, Nick Hayek, mengatakan bahwa perusahaannya memiliki kontrak dengan Apple selama beberapa tahun mengenai material produk.

Sementara itu, smartwatch Apple disebut akan menjadi lebih dari sekedar gelang kebugaran yang menjalankan sistem operasi (OS) iOS. Perangkat wearable ini bisa terhubung ke iPhone, iPad, dan komputer Mac terdekat.

Mengenai penamaan, sebelumnya smartwatch Apple dikabarkan meluncur sebagai iWatch. Tapi kemudian muncul nama baru yaitu iTime.

Perubahan tersebut muncul setelah terungkapnya persetujuan paten yang baru saja diterima oleh Apple. Apple menerima persetujuan paten pada Selasa, 22 Juli lalu untuk sebuah 'perangkat elektronik mobile', yang dilengkapi dengan diagram dan tulisan iTime.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.