Sukses

India Rancang Sepatu Pintar Untuk Navigasi

Untuk menunjukkan arah yang tepat, sepatu ini melakukan sinkronisasi dengan Google Maps di smartphone via koneksi Bluetooth.

Liputan6.com, India - Perusahaan teknologi asal India, Ducere Technologies merancang sebuah sepatu pintar (smartshoes) sebagai petunjuk arah yang dapat terhubung ke smartphone melalui koneksi nirkabel.

Melalui sistem getar yang ada di dalamnya, sepatu bernama Lechal tersebut memungkinkan pengguna mengetahui arah yang akan dituju. Untuk menunjukkan arah yang tepat, sepatu ini melakukan sinkronisasi dengan Google Maps di smartphone via koneksi Bluetooth.

Jadi saat harus belok ke kiri, sepatu kiri akan bergetar, begitu pula dengan sepatu kanan. Dengan demikian, petunjuk arah dapat diketahui secara akurat, tanpa harus mengecek smartphone terlebih dulu.

Selanjutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT

Untuk memaksimalkan penggunaan, Anda bisa mengunduh dan menginstal aplikasi pendamping yang tersedia di toko aplikasi Apple App Store atau Google Play Store. Jika sudah terinstal, maka sepatu akan menggunakan GPS dari smartphone untuk memilih rute terbaik yang sesuai dengah arah tujuan Anda.

Selain itu Lechal juga dapat menghitung jumlah langkah kaki dan jumlah kalori yang telah Anda keluarkan selama di perjalanan. Informasi itu bisa dilihat melalui aplikasi yang telah terinstal di smartphone.

Mengutip laman Guardian, Minggu (3/8/2014), Ducere Technologies mengklaim bahwa sepatu pintar akan menjadi wearable device masa depan yang akan diminati banyak orang.

Selanjutnya>>

3 dari 3 halaman

NEXT

"Sepatu adalah salah satu benda yang melekat di tubuh manusia. Anda mungkin akan meninggalkan rumah tanpa memakai jam tangan, tapi Anda tidak akan pernah meninggalkan rumah tanpa memakai sepatu," kata Kepala Eksekutif Ducere Technologies, Krispian Lawrence kepada Wall Street Journal.

Lechal akan tersedia di pasaran mulai September 2014 seharga US$ 100 yang dipaket dengan removable insoles berisi elektronik. Sepatu pintar ini disebut kompatibel dengan perangkat iOS, Android, dan Windows Phone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.