Sukses

Android Kuasai 85% Pasar Smartphone Dunia

Android saat ini telah menguasai 85% pasar ponsel pintar (smartphone) di dunia pada kuartal dua (Q2) 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Android semakin memperkuat pijakannya di pasar smartphone global. Sebuah survey terbaru menunjukkan bahwa sistem operasi (OS) besutan Google itu diperkirakan akan semakin mengancam OS perangkat mobile lainnya.

Data dari Strategy Analytics mengungkapkan, Android saat ini telah menguasai 85% pasar ponsel pintar (smartphone) di dunia pada kuartal dua (Q2) 2014. Demikian dilaporkan The Times of India, Minggu (3/8/2014).

Pengapalan smartphone secara global naik 27% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 295,2 juta. Dari jumlah tersebut 84,6% di antaranya didominasi oleh smartphone Android.

"Layanannya yang murah dan software yang user-friendly masih menjadi daya tarik bagi pembuat hardware, operator dan konsumen di seluruh dunia. Vendor OS lainnya harus melakukan sesuatu yang revolusioner untuk menggeser Android di pengiriman smartphone," kata Direktur Eksekutif Strategy Analytics, Neil Mawston.

Menurut analisa Mawston, satu-satunya ancaman yang signifikan bagi Android adalah kehadiran iPhone berlayar besar yang diperkirakan akan hadir akhir tahun ini dan smartphone murah besutan Firefox.

Masih menurut survey, pertumbuhan penjualan smartphone secara global pada kuartal tersebut berada pada level terendah dalam lima tahun terakhir ini, kecuali di benua tertentu.

"Afrika dan Asia masih booming, sementara Amerika Utara dan Eropa sudah mature," kata analis Linda Sui, Direktur di Strategy Analytics.

Pada Q2 2014, Android merupakan satu-satunya OS mobile yang mengalami pertumbuhan dibandingkan kuartal yang sama tahun 2013. Setelah Android, iPhone berada di posisi kedua dengan penjualan 35 juta pada kuartal tersebut. Namun pangsa pasar Apple turun menjadi 11,9% dari 13,4% tahun sebelumnya.

Windows Phone berada di peringkat ketiga dengan penjualan 8 juta unit pada kuartal tersebut, turun dari sebelumnya 8,9 juta pada periode yang sama tahun lalu. Pangsa pasar Windows Phone kini turun menjadi 2,7% dari sebelumnya 3,8%.

Posisi keempat diduduki oleh BlackBerry. Vendor ponsel asal Kanada itu semakin terpuruk. Penjualan smartphone BlackBerry turun 66% menjadi 1,9 juta unit, dengan pangsa pasar hanya 0,6%.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini