Sukses

FM SuperSoccer, Game Online untuk Penggila Sepakbola!

Game online ini benar-benar tersedia bagi Anda yang mengerti dan tahu betul seluk-beluk sepakbola

Liputan6.com, Jakarta - 'Show What You Know!' adalah tagline yang diusung oleh game online Football Manager (FM) SuperSoccer. Tagline yang diusung tersebut menunjukkan bahwa game ini bukanlah game online simulasi manajer sepakbola biasa, melainkan game online yang benar-benar tersedia bagi Anda yang mengerti dan tahu betul seluk-beluk sepakbola, khususnya para penggemar kompetisi Barclays Premiere League (Liga Inggris).

Apa itu FM SuperSoccer?

FM SuperSoccer adalah sebuah game online yang menggabungkan konsep permainan simulasi manajemen klub sepakbola dan permainan fantasy football. Permainan ini dilakukan secara online melalui situs www.supersoccer.co.id atau aplikasi mobile yang dapat diunduh secara terpisah bagi perangkat berbasis iOS atau Android.

Berbeda dengan kebanyakan game bergenre simulasi manajemen sepakbola lainnya, FM SuperSoccer lebih terasa nyata karena poin kemenangan ditentukan sesuai dengan hasil nyata pertandingan BPL sesungguhnya yang terjadi tiap minggu.

Penentuan perolehan poin juga dilakukan berdasarkan data statistik resmi perandingan BPL yang dicatat oleh Opta, mitra resmi BPL untuk data dan statistik.

Selanjutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEXT

Cara bermain

Anda dapat langsung mendaftarkan diri dengan mengunjungi laman fm.supersoccer.co.id. Proses pendaftarannya sendiri memerlukan akun Facebook, email, dan nomor seluler aktif.



Langkah awal Anda diharuskan memilih klub favorit di BPL. Setelah itu Anda akan memilih lineup dan formasi terbaik yang akan diturunkan di pertandingan yang akan berlangsung tiap akhir minggu, sesuai dengan jadwal pertandingan sesungguhnya.



Anda akan menentukan 11 starter dan 5 pemain cadangan. Anda pun hanya dapat menempatkan pemain tersebut sesuai dengan posisi yang biasa ia tempati di dunia nyata.

Tak hanya strategi permainan yang harus Anda pikirkan dalam game ini. Anda pun bertanggung jawab untuk mengelola keuntungan, pengeluaran, masalah transfer pemain, hingga berbagai seluk-beluk menajemen sebuah klub sepakbola lainnya.

Selanjutnya>>


3 dari 4 halaman

NEXT

Penghitungan poin

Agak sulit dimengerti memang bagi Anda yang kurang paham sepakbola, namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, game online ini benar-benar tersedia bagi Anda yang mengerti dan tahu betul seluk-beluk sepakbola!

Setelah Anda menyusun 11 pemain yang akan berlaga, Anda harus menunggu pertandingan sepakbola sesungguhnya berlangsung. Anda pun harus memperhatikan jalannya pertandingan, layaknya seorang manajer sepakbola sesungguhnya.



Poin terbesar (40) akan didapatkan dari pemain yang mencetak gol. Jadi, misalnya Anda memilih tim Liverpool untuk dimainkan, dan Anda memasang Daniel Sturidge di tim yang turun berlaga, dan ia mencetak gol di pertandingan sesungguhnya, maka Anda berhak mengantongi 40 poin dari Sturidge.

Kemudian penyumbang poin kedua terbanyak adalah dari assist (30) dan membuat peluang terjadinya gol (20). Intinya, Anda harus menebak pemain mana yang tepat untuk diturunkan sesuai dengan hasil nyata pada pertandingan yang berlangsung.



Anda tentunya tida terus menerus mengandalkan perolehan poin dari para penyerang yang mencetak gol, mengirim umpan, atau membuat peluang. Anda pun bisa mendapatkan poin dari para pemain bertahan yang melakukan tackle dan antisipasi pertahanan lainnya.

Khusus untuk kiper, semakin banyak melakukan penyelamatan, maka semakin banyak pula poin yang disumbangkan oleh kiper tersebut untuk Anda.

Selanjutnya>>

4 dari 4 halaman

NEXT

Transfer pemain

Nah, maka dari itu transfer pemain sangatlah penting. Di FM SuperSoccer Anda dapat membongkar pasang jajaran pemain dalam sebuah tim meski tidak sesuai dengan kondisi tim di dunia nyata. Sebagai contoh, Anda ingin memperoleh poin sebanyak mungkin dari kiper, maka belilah kiper dari tim yang kerap terserang dan sering melakukan penyelamatan.



Bursa transfer, yaitu periode dimana para manajer bisa membeli dan menjual pemain dibuka setiap bulan pada tanggal 11 hingga 15. Dengan kondisi pemain yang terus berubah (cedera, akumulasi kartu, dan lainnya.), proses ini menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu dan penting.

Namun patut diingat, Anda harus memperhitungkan benar-benar mana pemain yang harus dibeli atau dijual. Sebab Anda pun bertanggung jawab atas keuangan klub secara keseluruhan.

Bagaimana, Anda tertarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini