Sukses

Paus Fransiskus Imbau Anak Muda Kontrol Penggunaan Teknologi

Paus Fransiskus meminta para anak muda untuk menghindari penggunaan produk teknologi yang berlebihan.

Liputan6.com, Roma - Teknologi hadir sebagai alat bantu manusia untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Bak pisau bermata dua, berbagai perangkat teknologi seperti tablet dan smartphone tidak hanya memberi dampak positif, tetapi juga membawa efek negatif bagi penggunanya.

Produk teknologi seperti internet, smartphone dan televisi dinilai Paus Fransiskus bisa membuang waktu percuma. Pemimpin besar Katolik dunia itu meminta 50 ribu pemuda-pemudi pelayan altar gereja di Jerman lebih banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas produktif ketimbang bermain dengan produk teknologi tersebut.

"Hidup kita terdiri dari waktu, dan waktu adalah karunia dari Tuhan, sehingga sangat penting bahwa hal tersebut dapat digunakan dalam hal yang baik dan berbuah tindakan," kata Paus dalam khotbah singkatnya kepada pemuda-pemudi gereja seperti dilansir Antara, Kamis (7/8/2014).

Paus menyebutkan beberapa contoh aktivitas yang membuang waktu, seperti mengobrol di internet dengan smartphone, menonton opera sabun TV, dan memakai aneka produk kemajuan teknologi lain yang semula untuk menyederhanakan dan meningkatkan kualitas hidup, tetapi mengalihkannya menjadi hal-hal yang tidak penting.

Paus berusia 77 tahun tersebut menggambarkan internet sebagai 'hadiah dari Tuhan'. Akan tetapi, Paus juga memperingatkan bahwa dunia media sosial digital membutuhkan ketenangan, refleksi dan kelembutan.

Paus Fransiskus sendiri saat ini aktif di internet melalui media sosial. Ia memiliki akun Twitter resmi yang menyajikan kicauan dalam beberapa bahasa. Akun @Pontifex yang berkicau dalam bahasa Inggris mendapat 4,3 juta pengikut dari seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.