Sukses

Kenapa Film Animasi Indonesia Kalah dengan Upin Ipin?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu membeberkan jawabannya di kantor Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan film animasi buatan luar negeri seperti Upin Ipin atau Shaun The Sheep. Di Indonesia, kedua film itu sempat mendulang popularitas. Lalu kenapa film animasi Indonesia kalah populer, katakanlah dengan Upin Ipin?

Dalam sebuah wawancara khusus dengan Liputan6.com, Selasa (12/8/2014), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu membeberkan jawabannya.

"Di Malaysia dukungan modal dan infrastrukturnya cukup baik. Saya sekarang sedang pusing mencari cara agar bisa bersaing dan memiliki produk yang tak kalah dengan mereka," tutur wanita berkulit putih ini di kantor Liputan6.com.

Namun Mari sangat optimis produk animasi buatan Indonesia bisa bersaing dengan asing. "Jangan khawatir, produk asal Indonesia asli dengan karakter lokal nantinya bisa bersaing dengan produk asing," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang berusaha untuk memberikan iklim yang cukup kondusif bagi industri kreatif agar mau tetap tinggal di Indonesia.

"Kita siapkan SDM, teknologi dan cara pendanaan yang cukup baik bagi mereka. Karena mereka biasanya agak kesulitan dalam mencari dana dari perbankan," kata Mari.

Kuku Rock You

Indonesia sendiri sebenarnya tidak kalah hebat dari asing dalam hal film animasi. Film Kuku Rock You yang dibuat anak Malang misalnya, secara kualitas film ini tak kalah keren dengan Shaun The Sheep dan Upin Ipin.

Menurut Achmad Rofiq, animator yang juga menjabat sebagai Managing Director di DGM Animation Studio, film ini pernah menang di kompetisi Asiagraph tahun 2008 di Jepang yang notabene negara pusatnya animasi, dan pernah tayang di stasiun televisi swasta mengungguli Shaun The Sheep.

Kuku Rock You adalah sebuah film animasi serial yang menceritakan seekor ayam kampung dari Indonesia bersama beberapa temannya yang terobsesi menjadi penyanyi rock. Segerombolan ayam-ayam kampung ini tidak hanya ingin jago di kadang, mereka punya impian go international. Tapi perjalanan ayam ini tak mulus begitu saja. Perjuangan mereka diganggu oleh kucing.

Baca juga:
Digempur Animasi Luar Negeri, `Kuku Rock You` Mampu Bersinar
Bisnis Animasi di Indonesia Sulit Karena Kendala Hukum?
Achmad Rofiq, Animator Indonesia yang Terinspirasi Steve Jobs

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini