Sukses

Strategi Mari Elka Bangkitkan Industri Kreatif Indonesia

Menparekraf Mari Elka Pangestu mengaku tak mempermasalahkan jika ada tenaga kreatif Indonesia yang memilih bekerja di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit animator Indonesia yang sukses berkiprah di luar negeri, bahkan beberapa di antaranya ada yang ikut terlibat dalam pembuatan film Transformer, Tintin, Terminator, dan GI Joe untuk teknologi animasinya.

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengaku tak mempermasalahkan jika ada tenaga-tenaga kreatif Indonesia yang memilih bekerja di luar negeri. 

"Tak masalah mereka bekerja di luar, tapi sudah ada beberapa anak berprestasi yang berniat untuk pulang dan membangun industri kreatif digital di Indonesia dengan membuat perusahaan sendiri," ungkap Mari di kantor redaksi Liputan6.com, Selasa (12/8/2014).

Untuk menjaring anak-anak muda kreatif mau berkarir di Tanah Air, Kemenparekraf melakukan beberapa strategi khusus. Salah satunya dengan mengajak animator ikut festival di luar negeri, atau mendorong dan mendukung festival animasi di Indonesia.

Kemenparekraf, lanjut Mari, juga akan memberikan insentif bagi para animator berprestasi dan memberi dukungan untuk para animator di tingkat sekolah seperti SMP dan SMA. Tak hanya itu, para animator Indonesia juga didorong untuk go international agar bargaining position animator Indonesia bisa lebih meningkat.

Mari sangat optimis produk animasi buatan Indonesia bisa bersaing dengan asing. Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang berusaha untuk memberikan iklim yang cukup kondusif bagi industri kreatif agar tetap mau tinggal di Indonesia.

"Kita siapkan SDM, teknologi dan cara pendanaan yang cukup baik bagi mereka. Karena mereka biasanya agak kesulitan dalam mencari dana dari perbankan," kata Mari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini